Penggunaan media permainan Egrang coconut dalam meningkatkan motorik kasar anak di TK Mambaul ulum Tebul Timur Kecamatan Pengantenan Kabupaten Pamekasan

Toyybah, Baldatun (2023) Penggunaan media permainan Egrang coconut dalam meningkatkan motorik kasar anak di TK Mambaul ulum Tebul Timur Kecamatan Pengantenan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381062003-SAMPUL.pdf

Download (21kB)
[img] Text
19381062003-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (875kB)
[img] Text
19381062003-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (914kB)
[img] Text
19381062003-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
19381062003-DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
19381062003-BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
19381062003-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
19381062003-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
19381062003-BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
19381062003-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
19381062003-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
19381062003-PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (772kB)

Abstract

Kata kunci: media permainan Egrang coconut, motorik kasar anak Media permainan yang diterapkan dan dimainkan oleh anak usia dini yang massih fokus pada aspek motorik halus anak, aspek kognitif dan aspek-aspek lainnya. Sedangkan, permainan yang menunjang perkembangan motorik kasar anak masih minim yang mengakibatkan perkembangan motorik kasar anak tidak terlalu cepat berkembang dengan baik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan guru sebagai peneliti, yaitu guru memiliki peran utama baik dalam perencaan maupun dalam pelaksanaan PTK dengan tujuan memecahkan masalah tentang penggunaan media permainan Egrang coconut dalam meningkatkan motorik kasar anak di TK Mambaul Ulum Tebul Timur Pengantenan Pamekasan. Desain dan prosedur penelitian memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan perenungan (refleksi). Sumber data di peroleh dari kepala sekolah dan guru pendidik serta anak didik, dengan prosedur pengumpulan data menggunakan instrument diantaranya, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Menggunakan analisis data dengan observasi serta data tes yang sudah didapatkan dan menggunakan indicator keberrhasilan dengan niali yang meninkat secara signifikan setiap siklusnya. Pada tindakan siklus I masih terdapat kendala yang menyebabkan peningkatan motorik kasar anak melalui media permainan Egrang coconut belum memenuhi kriteria nilai minimal, sehingga diperlukan adanya perbaikan tindakan pada tindakan siklus II yaitu peneliti harus lebih ekspresif dan bersikap kreatif dalam menjelaskan materi dalam sebuah permainan Egrang coconut, selain itu mengkondisikan anak sebelum proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengatur barisan anak dan mengatur waktu yang dibutuhkan untuk proses kegiatan belajar mengajar dimulai. setelah terjadi perbaikan tindakan maka presentase peningkatan motorik kasar anak sudah naik secara signifikan. Berdasarkan pembahasan diatas hasil proses kegiatan belajar mengajar di TK Mambaul Ulum Tebul Timur dikatakan meningkat dengan baik. Fokus penelitiam diantaranya, 1 Penggunaan media permainan egrang coconut dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar secara optimal dan dapat mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan. Cara memainkan media permainan egrang, diantaranya yaitu: a. Guru awalnya memberikan contoh cara memainkan egrang coconut. b. Anak usia dini bersiap di garis strat, kedua kaki diletakkan pada masing-masing egrang coconut, dengan ibu jari dan telunjuk pada jari kaki menjepit tali. Serta tangan yang memegang erat tali. c. Anak usia dini mulai berjalan menggunakan egrang coconut.d. Dan yang pertama melewati vi garis yang sudah ditentukan menjadi pemenangnya.2. peningkatan motorik kasar anak dengan menggunakan media permainan Egrang coconut di TK Mambaul Ulum. Yang menerapkan tentang pentingnya dalam meningkatkan motorik anak usia dini melalui kegiatan senam serta peran motorik dalam mengembangkan fisiologis anak, motorik dalam kemampuan social emosional, serta motorik dalam kemampuan untuk kognitif anak. 3. Kelebihan dan kekurangan media egrang coconut dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini di TK Mambaul Ulum. diantaranya: a. Kelebihan diantara yaitu: 1) Melatih kekuatan tangan dan kaki, 2) Melatih kelenturan,kelincahan, kecepatan, serta ketepatan, 3) Meningkatkan koordinasi kaki, tangan dan mata,dan 4) Meningkatkan keseimbangan tubuh anak. b. Kekurangan diantaranya yaitu 1) pada Anak yaitu dalam menaiki dan berjalan menggunakan media permainan egrang coconut masih belum seimbang sehingga membuat anak mudah terjatuh, 2) pada media yaitu pada saat Koordinasi kekuatan kaki dan kedua tangan masih kurang sehingga menyebabkan anak tidak bebas dan leluasa dalam bergerak. Hasil peningkatan motorik kasar anak melalui media permainan Egrang coconut dapat dilihat dari hasil siklus I yang dinilai rata-rata mencapai 46%, sedangkan nilai rata-rata siklus II yaitu 76%. Jelas bahwa peningkatan motorik kasar anak berhasil dengan adanya penggunaan media permainan Egrang coconut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:04
Last Modified: 09 Jul 2024 02:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6325

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item