Cahyani, Yunita Sri (2023) Strategi Guru dalam Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. SAMPUL.pdf Download (103kB) |
|
Text
B. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
C. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
D. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
F. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
G. BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
H. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
I. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
J. BAB IV.pdf Download (383kB) |
|
Text
K. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
L. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (171kB) |
|
Text
M. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (230kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Entrepreneurship, Anak Usia Dini Kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini sangat penting dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada anak. Pembelajaran entrepreneurship yang ditanamkan sejak dini dapat membentuk anak menjadi pribadi yang kreatif dan nantinya juga dapat menjadi modal utama produktivitas serta kemandirian anak ketika dewasa. Hal ini diterapkan juga di lembaga TK Kartika IV-86 Pamekasan dan jarang ditemukan pada lembaga TK yang lain di kota Pamekasan. Dalam mengenalkan entreprenurship pada anak usia dini, seorang guru juga harus memiliki strategi agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi kepala sekolah serta guru dan sumber data sekunder yaitu berupa dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan yaitu pertama, perencanaan meliputi perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Kedua, pelaksanaan dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, ceramah, dan demonstrasi. Ketiga, evaluasi dengan melakukan penilaian ketercapaian pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak. Keempat, refleksi dengan menjadikan kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship yang telah dilakukan sebagai acuan dalam merecanakan pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini diantaranya, kelengkapan alat dan bahan, kerjasama wali murid, cuaca, dan kehadiran peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6327 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |