Penerapan Metode Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sampang

Moqoff, Ach (2023) Penerapan Metode Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Cover_TBIN..pdf

Download (202kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Lembar Persetujuan Pembimbing_TBIN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
19381071059_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Abstrak_TBIN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Daftar Isi_TBIN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_BAB 1_TBIN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_BAB 2_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_BAB 3_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_BAB 4_TBIN.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_BAB 5_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Daftar Pustaka_TBIN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Ach Moqoffi_19381071059_Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (109kB)

Abstract

Kata Kunci: Latihan Terbimbing, Menulis, Cerita Pendek Metode latihan terbimbing merupakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa guna menumbuhkan keterampilan pada siswa. Penelitian ini berfokus pada penerapan, manfaat, dan kendala metode latihan terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sampang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan, manfaat, dan kendala dari penerapan metode latihan terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sampang. Latar belakang melakukan penelitian tentang penerapan metode latihan terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek untuk mengetahui bagaimana cara penerapan metode latihan terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi langsung di SMA Negeri 2 Sampang. Adapun pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk membandingkan dan melakukan pengecekan kembali infromasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kuliatatif. Hasil dari penelitian ini yaitu guru merencanakan pembelajaran atau yang disebut dengan pra pembelajaran dengan menyiapkan RPP, buku ajar, metode pembelajaran, dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Setelah itu pada pelaksanaan pembelajaran dimulai kegiatan awal pembelajaran dengan memberikan apersepsi serta motivasi kepada siswa terkait materi keterampilan menulis cerita pendek guna memberikan stimulus awal pada siswa untuk memunculkan respon siswa. selanjutnya yaitu inti pembelajaran, dimana guru memberikan penjelasan tentang materi cerita pendek secara jelas dengan memberikan contoh kepada siswa terkait karya tulis cerita pendek, kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas disertai penerapan metode latihan terbimbing terhadap siswa saat mengerjakan tugas menulis cerita pendek. kegiatan terakhir yaitu kegiatan penutup, dimana guru memberikan kesimpulan meteri pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. Adapun dari penerapan metode latihan terbimbing yaitu dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk bisa menulis cerita pendek, selain itu dalam penerapannya metode latihan terbimbing masih terdapa kendala yang datangnya dari siswa. Hasil menulis cerita pendek siswa telah melalui beberapa kali bimbingan serta pengoreksian oleh guru. Kemudian guru melakukan penilaian hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil karya tulis cerita pendek yang sudah dibuat oleh siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:02
Last Modified: 11 Jul 2024 03:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6345

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item