Fitriani, Vivin (2023) Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar pada Kelompok A di TK Pertiwi Desa Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Vivin Fitriani_18381062108_SAMPUL_PIAUD.pdf Download (38kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (60kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (138kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (34kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (220kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_BAB I_PIAUD.pdf Download (242kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_BAB IV_PIAUD.pdf Download (318kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (156kB) |
|
Text
Vivin Fitriani_18381062108_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (38kB) |
Abstract
Kata kunci : Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Buku Cerita Bergambar Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui seperti apa proses pelaksanaan dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita bergambar, (2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa di TK pertiwi desa Pakong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Data yang diperoleh yaitu dengan cara metode observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Proses pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita bergambar itu dibagi menjadi tiga kegiatan diantaranya: (1) Kegiatan pra pengembangan, (2) Kegiatan pengembangan, dan (3) Kegiatan penutup 2. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita bergambar yaitu anak bisa menjawab pertanyaan guru, anak dapat menyimak, mengerti dan memahami tentang cerita yang disampaikan, anak mampu menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan oleh guru dengan cara sederhana serta kemampuannya sendiri, anak dapat menyebut nama-nama benda yang ada di dalam buku cerita bergambar, anak dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan, dan kosa kata anak menjadi bertambah guna kemampuan berbahasanya. 3. Faktor penghambat dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita bergambar pada kelompok A di TK Pertiwi yaitu: kurangnya kemandirian anak untuk mengerti bahasa guru, rasa takut dan minder anak, kurangnya konsentrasi anak, kurangnya motivasi belajar anak, anak merasa jenuh dan bosan, dan gangguan karena faktor genetic. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: buku cerita bergambar, media yang menarik dan cocok untuk anak, vocal, ekspresi serta intonasi guru, suasana yang menyenangkan bagi anak, dan kematangan syaraf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6363 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |