Khoiriyah, Wardatul (2023) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Melalui Metode Tanya Jawab Di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381062004_SAMPUL.pdf Download (281kB) |
|
Text
19381072004_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
19381062004_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
19381062004_ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
19381062004_DAFTAR ISI.pdf Download (508kB) |
|
Text
19381062004_BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
19381062004_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
19381062004_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
19381062004_BAB IV.pdf Download (259kB) |
|
Text
19381062004_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
19381062004_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
19381062004_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (208kB) |
Abstract
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Metode Tanya Jawab Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu jenjang pendidikan yang diberikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) yang dilakukan melalui berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Perkembangan bahasa merupakan suatu kemampuan berbahasa lisan bagi anak yang berkembang, karena terjadi kematangan dari organ-organ bicara, dan juga karena faktor lingkungan ikut membantu perkembangannya. Agar proses pembelajaran dapat lebih efektif guru perlu menerapkan beberapa metode, Salah satu metode yang efektif dalam mengembangkan bahasa anak yaitu metode tanya jawab. Metode tanya jawab sangat penting untuk diterapkan guna untuk merangsang cara berkomunikasi dan berbahasa yang baik dan benar, Salah satu sekolah yang menerapkan metode tanya jawab dalam mengembangkan bahasa anak yaitu di RA Al-Fawaid Desa Seddur, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Tujuan dalam penelitin ini Pertama, untuk mengetahui Upaya guru dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan: Kedua, untuk mengetahui Apa saja faktor penghambat dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan: Ketiga, Apa harapan guru dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru di RA Al-Fawaid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan bahasa anak yaitu dengan menggunakan metode tanya jawab yang dikembangkan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan circle time, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Adapun Faktor penghambat dalam mengembangkan bahasa anak melalui metode tanya jawab di RA Al-Fawaid diantaranya: Jawaban anak melenceng dari tema, kurang fokus pada saat proses pembelajaran, pertanyaan perlu diulang kembali, belum bisa menyusun kalimat dengan benar. Dan harapan para guru terutama kepala sekolah di RA Al-Fawaid sangatlah besar. Diantaranya anak dapat berkomunikasi dan berbahasa yang baik dan benar baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, anak dapat berbahasa dengan baik dan lancar sehingga dalam proses pembelajaran public speaking anak semakin baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6364 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |