Moqori, Astri Indah (2023) Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Film Di Channel Youtube Mata Pena. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_SAMPUL.pdf Download (197kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (293kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (365kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_BAB 1.pdf Download (484kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_BAB 4.pdf Download (199kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (397kB) |
|
Text
ASTRI INDAH MOQORI_19381072103_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (210kB) |
Abstract
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Karakter Nilai pendidikan karakter adalah nilai-nilai yang menjadi patokan dalam upaya penanaman dan pengembangan karakter dalam diri seseorang baik itu dalam ranah pemikiran, sikap, maupun perilaku. Melalui penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi pokok pembahasan, yaitu bentuk nilai-nilai pendidikan karakter pada film di channel Youtube Mata Pena, makna nilainilai pendidikan karakter pada film di channel Youtube Mata Pena, dan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada film di channel Youtube Mata Pena. Pemilihan film di channel Youtube Mata Pena sebagai bahan penelitian karena banyak ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang bersifat membangun dan mendidik serta menghibur penonton dari semua kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua macam yakni sumber data primer yang berupa film Mata Pena yang telah diunduh dan ditonton di channel Youtube dan sumber data sekunder berupa buku, artikel, skripsi, dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik wawancara. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, ditemukan empat macam bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: jujur, cerdas, tangguh, dan peduli. Kedua, makna nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya, jujur adalah ungkapan hati nurani (pikiran) yang sesuai dengan kenyataan. Jujur dapat diartikan mengakui fakta apa adanya, keseimbangan dalam pikiran; cerdas adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapi terutama masalah yang menuntut kemampuan dalam berpikir; tangguh merupakan kemampuan seseorang yang menganggap sesuatu yang terjadi dari segi positifnya dan percaya skenario Tuhan yang terbaik dan tidak akan meleset sedikitpun; dan peduli ialah sikap memerhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan disekitar yang merupakan bentuk jiwa sosial dan senang membantu. Ketiga, terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film di channel Youtube Mata Pena dengan nilai-nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbud yang membuktikan bahwa film Mata Pena layak untuk dijadikan bahan belajar dan pedoman hidup di era modern
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |