Strategi Belajar yang digunakan oleh Mahasiswa Salah Jurusan dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris pada Mahasiswa Semester Empat Prodi TBI IAIN Madura

Ariantino, Amar (2023) Strategi Belajar yang digunakan oleh Mahasiswa Salah Jurusan dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris pada Mahasiswa Semester Empat Prodi TBI IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_Cover_TBI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Ariantino_19381031091_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_Abstrak_TBI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_Daftar_Isi_TBI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_BAB I_TBI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_BAB II_TBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_BAB III_TBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_BAB IV_TBI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_BAB V_TBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
Amar Ariantino_19381031091_Daftar_Pustaka_TBI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Ariantino_19381031091_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan.pdf

Download (248kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Belajar, Mahasiswa Salah Jurusan, Speaking Bahasa Inggris Mahasiswa salah jurusan merupakan istilah yang tidak asing bagi kita. Mahasiswa salah jurusan merupakan kondisi di mana mahasiswa merasa salah dalam memilih jurusan yang ia pilih dalam menempuh jenjang pendidikan strata 1. Meskipun begitu, dipercaya terdapat respon dalam penanganan kondisi sulit yang disebut sebagai coping mechanism. Dalam coping mechanism sendiri, terdapat dua respon, yaitu respon untuk melawan atau menghadapi (fight) dan respon untuk menghindar (flight). Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti respon mahasiswa dalam menghadapi konflik, yaitu respon untuk melawan (fight). Dalam pembelajaran bahasa, respon ini dapat berupa strategi belajar yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi kondisi sulit di dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan hal tersebut, peneliti merumuskan dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yang pertama adalah bagaimana strategi belajar yang digunakan mahasiswa salah jurusan dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Yang kedua, apa saja masalah yang dihadapi mahasiswa salah jurusan dalam belajar berbicara bahasa Ingris. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui obsservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa salah jurusan Prodi TBI Semester 4 dari kelas A, B, C, dan D. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa salah jurusan di Prodi TBI semester 6 IAIN Madura memiliki strategi belajar tersendiri dalam belajar berbicara bahasa Inggris, di antaranya adalah strategi cogintive, metacognitive compensatory, social, memory dan affective. Terkait dengan bagaimana mereka menerapkan strategi belajar bahasa dalam pembelajaran berbicara, mahasiswa salah jurusan memiliki cara yang bervariasi. Mereka menerapkan strategi dalam kebiasaan alami seperti menonton film berbahasa Inggris, lagu, berinteraksi dengan teman, meniru cara penutur asli berbicara, serta mengetahui tingkat kecemasan dalam pembelajaran mereka. Sedangkan untuk permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris di antaranya adalah kesulitan dalam masalah linguistik, seperti tata bahasa, pengucapan, dan kosa kata. Sedangkan masalah psikologi adalah kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:01
Last Modified: 09 Jul 2024 02:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6398

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item