Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Religius dan Sosial di SMK Sumber Nangka (Analisis Ketercapaian Ki 1 Dan Ki 2 Kelas XI Di SMK Sumber Nangka

Afandi, Arif (2023) Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Religius dan Sosial di SMK Sumber Nangka (Analisis Ketercapaian Ki 1 Dan Ki 2 Kelas XI Di SMK Sumber Nangka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Arif afandi_21380011008_Cover_PAI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
c) Arif Afandi_21380011008_Surat Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
d) Arif Afandi_21380011008_Surat Pengesahan Penguji_PAI.pdf

Download (499kB)
[img] Text
e) Arif Afandi_21380011008_Abstrack_PAI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
f) Arif Afandi_21380011008_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
g) Arif Afandi_21380011008_BAB I_PAI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
h) Arif Afandi_21380011008_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
i) Arif Afandi_21380011008_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
j) Arif Afandi_21380011008_BAB IV_PAI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
k) Arif Afandi_21380011008_BAB V_PAI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
l) Arif Afandi_21380011008_BAB VI_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
m) Arif Afandi_21380011008_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
b) Arif Afandi_21380011008_Surat keterangan keaslian tulisan_PAI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Pembelajaran, Karakter, Religius, Sosial Pelaksanaan kegiatan pembelajaran harus disusun secara matang dan baik agar bisa tercapai tujuan penanaman karakter religius peserta didik dengan baik. Maka dari itu pada penelitian ini akan dibahas mengenai strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Sumber Nangka (Analisis ketercapaian KI1 dan KI 2 kelas XI di SMK Sumber Nangka). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan karakter religius dan sosial siswa kelas XI di SMK Sumber Nangka ? (2) Bagaimana ketercapaian Karakter Religius dan Sosial Siswa Kelas XI di SMK Sumber Nangka ? (3) Bagaimana kendala guru PAI dalam menanamkan karakter religius dan Sosial siswa kelas XI di SMK Sumber Nangka ? Untuk dapat menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yakni kajian lapangan dan pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan, dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Teknis analisis data ialah memilah data yang diperoleh, mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data adalah member check, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Guru PAI kelas XI dalam menanamkan karakter religius dan sosial siswa adalah strategi pembelajaran afektif. Strategi pembelajaran afektif lebih menekankan kepada sikap. Pada saat proses pembelajaran guru selalu memberikan refleksi tentang materi yang telah disampaikan untuk lebih mudah diterima oleh siswa dan meminta siswa untuk menyampaikan hikmah apa yang didapat dari materi yang telahh disampaikan. Kedua, Untuk melihat ketercapaian KI 1 dan KI 2 kelas XI di SMK Sumber Nangka guru melakukan penilaian pada sikap keseharian siswa melalui jurnal mengajar dan penilaian tean sejawat. KI 1 dan KI2 sudah baik. diantaranya dalam catatan penialaian teman sejawat itu disimpulkan bahwa sebagian besar siswa bisa bertutur kata yang baik kepada guru, dapat menghargai guru dan teman yang lain, memulai pembelajaran dengan berdoa. (spiritual) dan bisa bekerjasama dengan baik dengan teman yang lain, disiplin waktu dan mengingatkan sesama teman (Sosial). Ketiga, Kendala dalam menanamkan karakter religius dan sosial siswa ada beberapa faktor, diantaranya faktor internal yaitu dalam diri siswa itu sendiri seperti rasa malas dan capek setelah kegiatan pembelajaran selesai. Faktor selanjutnya dari internal guru PAI nya sendiri yang mempunyai tugas pokok lainnya dirumah sebagai ibu rumah tangga, sehingga membagi waktu untuk keperluan sekolah dan rumah. Selanjutnya dari faktor eksternal dari fasilitas sekolah baik dari kelengkapan media pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:44
Last Modified: 05 Jul 2024 07:44
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6412

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item