Mrs, Isnaini (2020) , Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 ISNAINI _ 20160701050039_ COVER_PGMI.pdf Download (78kB) |
|
Text
3 ISNAINI _ 20160701050039_ LEMBAR PERETUJUAN_PGMI.pdf Download (130kB) |
|
Text
4 ISNAINI _ 20160701050039_ LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (214kB) |
|
Text
5 ISNAINI_20160701050039_ ABSTRAK_PGMI.pdf Download (61kB) |
|
Text
6 ISNAINI _ 20160701050039_ DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (39kB) |
|
Text
7 ISNAINI _ 20160701050039_ BAB I_PGMI.pdf Download (195kB) |
|
Text
8 ISNAINI _ 20160701050039_ BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
Text
9 ISNAINI _ 20160701050039_ BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
10 ISNAINI _ 20160701050039_ BAB IV_PGMI.pdf Download (186kB) |
|
Text
11 ISNAINI _ 20160701050039_ BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
12 ISNAINI _ 20160701050039_ DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (144kB) |
|
Text
2 ISNAINI_20160701050039_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (30kB) |
Abstract
Kata kunci:Pembelajaran Baca Tulis Arab, Huruf Hijaiyah. Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa agar nantinya siswa mampu untuk bisa membaca huruf hijaiyah dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku seperti tanda baca pada huruf hijaiyah serta hukum bacaannya, agar nantinya siswa dapat membaca al-Qur’an dengan benar. Fokus penelitian ini ada 4 masalah: Pertama, bagaimana perencanaan guru dalam menerapkan pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah; Kedua, bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah; Ketiga, bagaimana evaluasi guru dalam pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah; Keempat, bagaimana tindak lanjut dari pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data atau informannya adalah guru kelas I dan siswa kelas I, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan guru dalam menerapkan pembelajaran baca tulis arab adalah membuat RPP terlebih dahulu sebagai acuan dan pedoman saat proses belajar mengajar berlangsung sekaligus mempersiapkan buku ajar yang akan diajarkan kepada siswa; Kedua, implementasi pembelajaran baca tulis arab adalah menyampaikan materi, membaca bersama-sama, dan menyuruh siswa untuk menulis, dan terakhir tes baca satu-satu maju ke hadapan guru; Ketiga, Evaluasi pembelajaran baca tulis arab dilakukan diakhir pembelajaran dengan mengetes satu-satu sambil lalu dinilai, lewat evaluasi ini dapat diketahui bahwasanya ada 7 siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan bagus, 4 siswa dengan kemampuan membaca cukup bagus, dan 4 siswa memiliki kemampuan membaca sedang; Keempat, Tindak lanjut yang dilakukan dari penerapan ini yaitu disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, dimana yang 7 siswa yang kemampuannya bagus dalam membaca yaitu dengan pengulangan, 4 siswa yang kemampuan membacanya cukup bagus yaitu dengan pemantapan dan pengulangan, sedang 4 siswa yang kemampuan membacanya sedang yaitu dengan melakukan pembinaan khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 01:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/643 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |