Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Omben Sampang

Fatimah, Siti (2020) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Omben Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 sampul siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (110kB)
[img] Text
2. halaman persetujuan siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (96kB)
[img] Text
3 halaman pengesahan siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4 ABSTRAK siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (150kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (195kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7 BAB I siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (386kB)
[img] Text
8 BAB II siti fatimah 20160701080090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
9 BAB III siti fatimah 20160701080090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
10 BAB IV siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (319kB)
[img] Text
11 BAB V siti fatimah 20160701080090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (118kB)
[img] Text
13 pernyataan keaslian tulisan siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (103kB)
[img] Text
14 lampiran siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (451kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP siti fatimah 20160701080090.pdf

Download (107kB)

Abstract

Dari hasil penelitian awal penulis melihat SMPN 1 Omben Sampang mengalami peningkatan dalam waktu yang yang relatif singkat dibandingkan dari lembaga pendidikan sekitarnya. Menilik dari fenomena tersebut penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih inten tentang strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi yang diterapkan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMPN 1 Omben?; (2)Apa saja faktor yang mempengaruhi guru dalam memilih strategi untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMPN 1 Omben? Untuk menjawab fokus penelitian ini, dilakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dipilih SMPN 1 Omben. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan 4 langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menujukkan bahwa Strategi yang diterapkan oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Omben ialah menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif seperti Problem Based Learning (PBL), Discovery Inquiry, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Dilaksanakan sebagaimana langkah-langkah metode-metode tersebut seharusnya diterapakan. Adapun faktor yang mempengaruhi guru dalam memilih strategi diantara berbagai faktor yang mempengaruhi adalah tujuan yang ingin dicapai, bahan atau materi pembelajaran, kebutuhan siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana. Peneliti menyarankan agar menerapkan strategi pembelajaran tidak melupakan pendidikan karakter dan nilai-nilai spiritual. Serta merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamiskan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas), sehingga akan terjadi dinamika didalam proses belajar mengajar. Dan disarankan agar guru aktif mengikuti kegiatan dari pemerintah maupun sekolah, seperti penataran, workshop yang terkait dengan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m71H ??
?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:05
Last Modified: 03 Feb 2021 03:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/646

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item