Strategi Pembelajaran dengan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan

Rahmah, Indina Zulfatur (2023) Strategi Pembelajaran dengan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.SAMPUL.TBIN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.PERSETUJUAN PEMBIMBING.TBIN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.HALAMAN PENGESAHAN.TBIN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah 19381072020.ABSTRAK.TBIN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.DAFTAR ISI.TBIN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.BAB I.TBIN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.1938102020.BAB II.TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.BAB III.TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.BAB IV.TBIN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.BAB V.TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.DAFTAR RUJUKAN.TBIN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Indina Zulfatur Rahmah.19381072020.SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.TBIN.pdf

Download (24kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Latihan Terbimbing, Keterampilan Menulis, Cerpen Keterampilan dalam pelajaran bahasa Indonesia salah satunya ialah keterampilan menulis cerpen. Cerpen merupakan karya sastra yang dapat dibaca sekali duduk dengan kisaran waktu setengah sampai 1 jam. Cerpen bisa berupa karangan ataupun imajianasi dari seorang penulis. Strategi pembelajaran merupakan sebuah rangkaian yang digunakan guru untuk memilih beberapa metode pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa guru harus menerapkan pemilihan metode yang cocok kepada mereka, diantaranya metode latihan terbimbing. Metode ini di mana guru membimbing siswa baik yang sudah paham apalagi bagi siswa yang memang tidak paham terhadap pembelajaran cerpen sampai mereka benar-benar paham. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini ada tiga fokus penelitian yang akan peneliti lakukan. Pertama, bagaimana strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana hambatan strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data ada tiga komponen yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber datanya ialah guru bahasa Indonesia dan siswa. Peneliti menggunakan tekhnik analisis data menggunakan tiga tahap meliputi: Data Reduction, Data Display dan Verification. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan tiga cara yaitu: Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Triangulasi Waktu. Hasil penelitian ini yaitu: strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dilihat dari adanya pencapaian yang didapat siswa baik bagi yang suka menulis ataupun bagi yang tidak suka menulis cerpen. Kemudian untuk hambatan dalam penerapan strategi guru dengan latihan terbimbing ini hanya terletak pada siswa yang tidak suka dalam menulis karangan, mereka malas pada saat pembelajaran berlangsung. Namun dengan adanya solusi penerpan strategi guru dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen ini, guru menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, seperti pada saat pembelajaran berlangsung guru menggunakan PPT, kliping tentang cerpen serta buku khusus yang memuat tentang materi cerp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:55
Last Modified: 29 Aug 2024 07:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6487

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item