Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan Dengan Teknik Modeling Digital Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 5 Pamekasan

Herawaty, Indri (2023) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan Dengan Teknik Modeling Digital Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_COVER_TBIN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Indr Herawaty_19381072139_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_ABSTRAK_TBIN-1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_DAFTAR ISI_TBIN-1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_BAB I_TBIN-1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_BAB II_TBIN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_BAB III_TBIN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_BAB IV_TBIN-1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_BAB V_TBIN-1 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_DAFTAR PUSTAKA_TBIN-1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Indri Herawaty_19381072139_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (231kB)

Abstract

Kata Kunci: Teknik Modeling digital, Menulis, Teks Laporan Percobaan Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi siswa mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas tanpa memiliki kemampuan menulis yang memadai sejak dini, siswa akan merasa kesulitan pada masa berikutnya. Dalam menulis teks laporan percobaan perlu adanya contoh, ide dan informasi yang tepat dengan sumber tercetak dan sumber tak tercetak. Kondisi lapangan terkait penulisan, siswa masih kebingungan dengan penyusunan teks laporan percobaan, ada juga siswa yang kurang paham terkait materi teks laporan percobaan sehingga ketika guru memberikan tugas, ada beberapa siswa yang menulis teks prosedur. Hal ini perlu ditingkatkan dengan teknik modeling digital agar penulisan teks laporan siswa menjadi lebih baik. Fokus penelitian ini meliputi bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis teks laporan dengan teknik pemodelan pada tahap (a) perhatian (b) retensi (c) reproduksi (d) motivasi pada siswa kelas IX di SMPN 5 Pamekasan. Kedua bagaimana hasil peningkatan kemampuan menulis teks laporan percobaan dengan penggunaan teknik pemodelan pada aspek penilaian teks laporan percobaan pada siswa kelas IX Ddi SMPN 5 Pamekasan. Tujuan penelitian ini meliputi untuk menjelaskan proses peningkatan kemampuan menulis teks laporan percobaan dengan teknik pemodelan pada tahap (a) perhatian (b) retensi (c) reproduksi (d) motivasi pada siswa kelas IX di SMPN 5 Pamekasan. Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan menulis teks laporan percobaan dengan teknik pemodelan pada aspek penilaian teks laporan percobaan pada siswa kelas IX di SMPN 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan model PTK Kemmis dan MC Taggart, yang terdiri dari empat komponen penting dalam setiap siklus dan menjadi ciri khas dalam penelitian tindakan yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru dan penelitian menerapkan teknik modeling digital pada saat proses pembelajaran dengan memanfaatkan media digital youtube di kelas IX SMPN 5 Pamekasan tahun ajaran 2022/2023 dan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa pada saat pembelajaran. guru dan peneliti memberikan (a) Perhatian dengan menyediakan contoh dalam membuat teks laporan percobaan. (b) Retensi, yakni guru dan peneliti menganalisis teks laporan dan memberikan ingatan terkait teks laporan percobaan. (c) Reproduksi, yakni siswa menulis teks secara utuh dan (d) Motivasi, yakni guru dan peneliti memberikan penilaian terkait hasil siswa. Hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh oleh guru dan peneliti dengan penggunaan teknik modeling digital. (2) penerapan teknik modeling digital ini mampu meningkatkan kemampuan vii menulis siswa kelas IX SMPN 5 Pamekasan. Hal ini ditandai dengan hasil nilai mulai dari Pra siklus dengan nilai 55,1, siklus 1 dengan nilai 69,2, siklus 2 dengan nilai 80,89

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:55
Last Modified: 29 Aug 2024 07:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6489

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item