Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Pembelajaran BahasaIndonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong

Khalid, Irfan (2023) Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Pembelajaran BahasaIndonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_COVER_TBIN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_LEMBAR_PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_LEMBAR_PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_BAB I_TBIN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_BAB IV_TBIN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
IRFAN KHALID_19381071146_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_TBIN.pdf

Download (350kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Belajar dan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Tuntas. Pada suatu proses pembelajaran sering kali digunakan berbagai istilah yang padadasarnya dimaksudkan untuk menjelaskan cara, tahapan, atau pendekatan yangdilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Istilah strategi, metode, atau teknik sering digunakan secara bergantian. Strategi pembelajaranmerupakan cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatanbelajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pemilihan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhandan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuanpembelajaran tertentu. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yangpertama, Bagaimana Perencanaan Guru dalam Menerapkan Strategi Belajar Tuntas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong?Kedua, Bagaimana Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Pembelajaran BahasaIndonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong? Ketiga, Bagaimana Hasil Penerapan Strategi Belajar Tuntas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informanyaadalah kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia, dan siswa Kelas XI MASumber Bungur Pakong. Sedangkan pengecekan keasahan data dilakukan melalui perpanjangkeikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan strategi belajar tuntas adalah dengan cara menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi, memberikan contoh, memberikan penyelesaian terhadap contoh, dan memberikantugas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi belajar tuntas yaitu: faktor pendukung; perpustakaan, kelas yang sudah dilengkapi alat penunjang proses dan lab bahasa. Faktor penghambat; adanya siswa yang masihmalas, siswa enggan untuk belajar karena terpengaruh dari lingkungan sekolahmaupun luar sekolah dan sifat inilah yang menjadi kendala bagi guru dalampenerapan strategi belajar tuntas. Solusi; Solusi dari faktor penghambat dalampenerapan strategi belajar tuntas yaitu, dengan melakukan beberapa langkah seperti memberikan motivasi akan pentingnya belajar dan juga bisa memberikan hukumankepada siswa yang mengganggu pada jalannya proses belajar mengajar dalamkelas. Ketiga, hasil dari penerapan strategi belajar tuntas adalah pemahaman bagi siswatentunya pada pembelajaran bahasa Indonesia, siswa itu mampu memahami danmenguasai materi yang diberikan oleh guru seperti pada saat ada tugas atau pekerjaanrumah siswa mampu mengerjakan tugas itu dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:55
Last Modified: 29 Aug 2024 07:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6492

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item