BARIYAH, KHAIRUL (2020) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an Melalui Hafalan Juz ‘Amma di SDIT ABFA Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Khairul Bariyah_20170701052030_Cover_PGMI.pdf Download (64kB) |
|
Text
c) Khairul Bariyah_20170701052030_Lembar_ Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (74kB) |
|
Text
d) Khairul Bariyah_20170701052030_Lembar_ Pengesahan_PGMI.pdf Download (724kB) |
|
Text
e) Khairul Bariyah_20170701052030_Abstrak_PGMI.pdf Download (88kB) |
|
Text
f) Khairul Bariyah_20170701052030_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (86kB) |
|
Text
g) Khairul Bariyah_20170701052030_BAB I_PGMI.pdf Download (181kB) |
|
Text
h) Khairul Bariyah_20170701052030_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
i) Khairul Bariyah_20170701052030_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
j) Khairul Bariyah_20170701052030_BAB IV_PGMI.pdf Download (250kB) |
|
Text
k) Khairul Bariyah_20170701052030_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
l) Khairul Bariyah_20170701052030_Daftar_Pustaka_PGMI .pdf Download (94kB) |
|
Text
b) Khairul Bariyah_20170701052030_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf Download (721kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Al-Qur’an, Hafalan Juz ‘Amma Pendidikan karakter merupakan cara untuk mengembangkan nilai-nilai karakter pada peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Al-Qur’an adalah sumber segala ilmu, termasuk sumber dan contoh yang baik dalam proses melakukan pendidikan berbasis karakter. Dalam bidang pendidikan Al-Qur’an menuntut bersatunya kata dengan sikap. Yaitu ciri khas atau karakter moral atau akhlak yang terdapat di dalam diri peserta didik yang berlandaskan pada nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan materi yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Juz ‘Amma atau jus ke 30 merupakan juz dengan jumlah surah terbanyak di dalam kitab suci Al-Qur’an. Dalam Juz’Amma terdapat surah-surah pendek yang diawali dari surat An-Naba’ dan diakhiri oleh surat An-Naas. Dari konteks tersebut, ada tiga fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan Juz ‘Amma, kedua, bagaimana pengaruh hafalan Juz ‘Amma terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an, ketiga¸ faktor penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan Juz’Amma di SDIT ABFA Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi yang menggambarkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter terhadap peserta didik. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz, guru kelas 4A, 5B, 6, dan siswa kelas 4A, 5B, 6. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan Juz’amma diberikan kepada siswa pada saat proses hafalan atau murajaah hafalan berlangsung, dengan cara menjelaskan surah yang akan atau sudah dihafal. Kedua, pengaruh hafalan Juz’Amma terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa mempunyai jiwa karakter qur’ani, akhlak mulia, rasa tanggung jawab. Ketiga, faktor penghambat salah satunya yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan rumah serta dukungan orang tua. Dimana faktor lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan dukungan orang tua sangatlah berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan perkembangan karakter pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m_069 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 03:08 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 03:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |