Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari

Hikmah, Mamluatul (2023) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Sampul_TBIN.pdf

Download (0B)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Halaman Persetujuan_TBIN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Halaman_Pengesahan_TBIN.pdf.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_ 19381072105_Abstrak_TBIN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Daftar Isi_ TBIN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_ 19381072105_BAB I_TBIN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_ 19381072105_BAB II_ TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_ 19381072105_BAB III_ TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_ 19381072105_BAB IV_TBIN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_ BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Daftar Rujukan _ TBIN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Mamluatul Hikmah_19381072105_Surat Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (331kB)

Abstract

Kata kunci: gerakan Literasi Sekolah, perpustakaan. Gerakan literasi sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik terutama peranan perpustakaan. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menulis siswa masih rendah serta kurang maksimalnya peran perpustakaan dalam mendukung kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari, bagaimana peran perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari, Subyek penelitian ini adalah kepala dan pengelola perpustakaan madrasah, sedangkan informan dari penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, guru, dan siswa, Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah semua data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari masih di tahap pembiasaan yaitu dengan membiasakan siswanya untuk membaca buku bacaan selama 10 menit sebelum pelajaran dimulai, dibentuknya jadwal pengunjungan perpustakaan, diadakannya berbagai macam lomba yang berkaitan dengan kegiatan literasi. 2) Peran perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca dan menulis siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari adalah perpustakaan sebagai sumber belajar yang menyediakan banyak informasi dan ilmu pengetahuan, serta banyaknya buku refrensi yang bisa dijadikan acuan oleh siswa dalam mengerjakan tugas.3) Faktor pendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis adalah tersedianya banyak buku referensi, adanya dukungan dari semua guru dan staf perpustakaan dan minat membaca siswa yang tinggi. Sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya kesadaran siswa saat mengembalikan buku serta kurangnya sarana prasarana yang berupa AC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:37
Last Modified: 17 Jul 2024 02:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6518

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item