Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Metode Inovatif Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep

Wafiqo, Kistiyana (2020) Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Metode Inovatif Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Sampul-PGMI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
c. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Halaman Persetujuan-PGMI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
d. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Halaman Pengesahan-PGMI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
e. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Abstrak-PGMI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
f. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Daftar Isi-PGMI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
g. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-BAB I-PGMI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
h. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-BAB II-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
i. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-BAB III-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
j. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-BAB IV-PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
k. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-BAB V-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
l. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Daftar Pustaka-PGMI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
b. Kistiyana Wafiqo-20160701050046-Pernyataan Keaslian Tulisan-PGMI.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kata Kunci: Keterampilan Guru, Metode Inovatif, Pembelajaran PAI Keterampilan guru merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang diperoleh dari berbagai latihan dan pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan itu sendiri, semakin tinggi kualitas keterampilan guru dalam proses belajar mengajar maka semakin mudah diserap oleh anak didik dalam aktivitas belajar di dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Keterampilan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inovatif Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep;Kedua, Apa FaktorPendukung Dan Penghambat Yang Di Hadapi Guru Dalam Menggunakan Metode Inovatif Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep; Ketiga, Bagaimana Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Siswa Dengan Menggunakan Metode Inovatif Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini data sekunder, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.dengan objek penelitian di MI Lughatul Islamiyah dengan informan yang diwawancarai adalah kepala sekolah, Guru PAI kelas IV dan siswa, siswi kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Keterampilan guru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode inovatif pada mata pelajaran PAI kelas IV MI Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep sudah berjalan dengan baik dan terencana.mulaidari perencanaan pembelajaran dan selama kegiatan diskusi dengan adanya keterampilan guru selama aktivitas belajaran di dalam kelas. Kedua, Faktor pendukung dalam menggunakan metode inovatif yaitu adanya media pembelajaran yang memadai seperti buku paket, papan tulis dan lain sebagainya danmengembangkan solidaritas sosial dikalangan siswa untuk memiliki komunikasi yang baik antar siswa, Faktor penghambatnya adalah kurangnya jam pembelajaran pada setiap mata pelajaran, perbedaan karakter pada setiap anak,danadanya siswa yang kurang pola asuh orang tua.Ketiga,Tingkat keberhasilan pembelajaran siswa dengan menggunakan metode inovatif pada mata pelajaran PAI kelas IV MI Lughatul Islamiyahmeningkatnya hasil pembelajaran siswa dapat dilihat dari nilai pengetahuan, nilai sikap dan nilai keterampilan pada diri siswa untuk menyelasaikan permasalahan pada setiap kelompoknyasehingga aktivitas belajar mengajar di dalam kelas dapat berjalan dengan menyenangkan, penuh motivasi dan penuh tantangan pada peserta didik di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:12
Last Modified: 03 Feb 2021 03:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/652

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item