Maghfiroh, Inayatul (2023) Penerapan Metode Role Play dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_Cover_TBIN.pdf Download (73kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_HALAMAN_PERSETUJUAN_TBIN.pdf Download (123kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_HALAMAN_PENGESAHAN_TBIN.pdf Download (214kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_Abstrak_TBIN.pdf Download (104kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (91kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_BAB I_TBIN.pdf Download (218kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_BAB IV_TBIN.pdf Download (350kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_DAFTAR_RUJUKAN_TBIN.pdf Download (125kB) |
|
Text
Inayatul Magfiroh_19381072119_KEASLIAN_TULISAN_TBIN.pdf Download (192kB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Role Play, Keterampilan Berbicara. Metode role play adalah pendekatan pembelajaran keterampilan sosial, empati, dan pemecahan masalah peserta didik. Dengan melibatkan mereka dalam simulasi peran, metode ini memberikan pengalaman praktis yang berharga yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan meraka. Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran untuk mengetahui bagaimana peserta didik menyampaikan pesan melalui bahasa lisan. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang pertama, Bagaimana Penerapan Metode Role Play Dalam Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Penerepan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Ketiga, Bagaimana Solusi Dari Hambatan Dalam Penerapan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 22 siswa kelas X SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. yang menjadi informan adalah guru dan siswa kelas X. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode role play adalah dengan cara menyampaikan tujuan yang akan dicapai, menjelaskan materi yang akan disampaikan, membuat naskah, melakukan proses tanya jawab, dan memberikan tugas pada siswa. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu: faktor pendukung: perpustakaan, kelas yang sudah dilengkapi alat penunjang, lab bahasa. Faktor penghambat:kelas menjadi gaduh, membutuhkan waktu yang lama, murid banyak yang masih malu. Ketiga, Solusi:solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu, dengan melakukan beberapa langkah seperti memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib, memberikan batasan waktu dalam setiap pertemuan, Dan memberikan contoh kepada siswa yang pemalu untuk memiliki sikap percaya diri terutama pada keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:45 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6531 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |