Nafi’ah, Nurul Maulidatun (2023) Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_ 19381072050_Cover_TBIN.pdf Download (208kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Lembar Persetujuan Pembimbing_TBIN.pdf Download (96kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (112kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Abstrak_TBIN.pdf Download (242kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (253kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_BAB I_TBIN.pdf Download (293kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_BAB IV_TBIN.pdf Download (509kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (264kB) |
|
Text
Nurul Maulidatun Nafi'ah_19381072050_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (104kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Metode Project Based Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pebelajaran kepada muridya. Metode Project Based Learning merupakan salah satu cara mendidik yang berupaya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi, dan metode Project Based Learning ini melatih siswa agar giat dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Project Based Learning merupakan siswa mengerjakan sebuah projek serta siswa menghasilkan sebuah produk dan hasil dari projek itu adalah produk. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. (3) Mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. Peneitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari urusan kurikulum, guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII-B. Data yang diperoleh dalam transkip wawancara dan catatan pengamatan dilapangan, yaitu dari urusan kurikulum, guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII-B di SMPN 3 Pademawu. analisis data dalam penelitian ini berbentuk uraian deskriptif yaitu data-data yang terhimpun dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode Project Based Learning di SMPN 3 Pademawu dilaksanakan di dalam kelas dengan waktu pembelajaran 45 menit. Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran project based learning yaitu: 1) guru mempersiapkan pertanyaan dasar untuk penerapan proyek, dan guru menjelaskan materi yang akan diproyekkan 2), guru membuat desain proyek yang akan dilaksanakan. 3), guru membuat penjadwalan kerja kelompok. 4), guru memonitor siswa agar siswa bisa dikendalikan dari kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan 5), guru menilai dan mengevaluasi pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung penerapan metode pembelajaran project based learning di SMPN 3 Pademawu yaitu: 1) ketersediaan sarana dan prasarana, dan 2) motivasi dari diri siswa. Faktor penghambat penerapan metode project based learning yaitu kurangnya waktu pembelajaran dan perbedaan kemampuan berfikir. Ketiga, solusi yang diberikan guru pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 3 Pademawu yaitu membiasakan penerapan metode project based learning agar bisa dengan mudah mengatur ketersediaan waktu yang ada. Selain itu dalam mengatasi kendala juga dengan cara guru terus melatih kepekaan siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:52 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6548 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |