Rahmawati, Rahmawati (2023) Analisis Koherensi Kronologis dalam Teks Cerpen Siswa Kelas XI MAN Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Rahmawati_19381072087_Cover_TBIN.pdf Download (192kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (118kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Halaman_Pengesahan_TBIN.pdf.pdf Download (345kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Abstrak_TBIN.pdf Download (147kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Daftar_isi_TBIN.pdf Download (154kB) |
|
Text
Rahmawati_19381071087_BAB I_TBIN.pdf Download (398kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_BAB IV_TBIN.pdf Download (485kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf Download (376kB) |
|
Text
Rahmawati_19381072087_Surat_pernyataan_keaslian_karya_dan_persetujuan_publikasi_TBIN.pdf Download (238kB) |
Abstract
Kata kunci: Koherensi Kronologis, Teks Cerpen. Koherensi kronologis merupakan koherensi yang mengandung unsur waktu. Koherensi ini dapat ditunjukan dengan adanya konjungsi temporal (lalu, kemudian, sesudah itu), penanda kala (dulu, sekarang), dan penanda aspek (akan, belum, sudah). Analisis koherensi kronologis yang peneliti lakukan kali ini terhadap cerpen siswa kelas XI MAN Sampang. Berdasarkan hal tersebut terdapat 3 fokus penelitian yang peneliti lakukan. Pertama, bagaimana bentuk koherensi kronologis dalam teks cerpen siswa kelas XI MAN Sampang? Kedua, bagaimana makna koherensi kronologis dalam teks cerpen siswa kelas XI MAN Sampang? Ketiga, bagaimana pemakaian koherensi kronologis dalam teks cerpen siswa kelas XI MAN Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data berupa teks cerpen yang sudah dituliskan siswa kelas XI MAN Sampang. Data berupa teks cerpen siswa yang mengandung koherensi kronologis. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengecekan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil analisis pada penelitin ini dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, terdapat bentuk koherensi kronologis yang berkaitan dengan konjungsi temporal seperti: kemudian yang berjumlah 14 kata, lalu yang berjumlah 7 kata, sesudah itu yang berjumlah 1 kata. Koherensi kronologis penanda kala seperti: sekarang berjumlah 6 kata, dulu berjumlah 1 kata. Koherensi penanda aspek seperti: akan berjumlah 8 kata, sudah berjumlah 5 kata, belum berjumlah 1 kata. Jadi jumlah keseluruhan bentuk koherensi kronologis yang terdapat pada cerpen siswa kelas XI MAN Sampang adalah 43 koherensi kronologis. Kedua, terdapat berbagai makna koherensi kronologis dalam teks cerpen siswa seperti: pada kata sekarang yang mempunyai makna saat ini atau sedang terjadi. Pada kata kemudian yang mempunyai makna yang menunjukkan kegiatan selanjutnya. Pada kata akan yang memiliki makna hedak melakukan sesuatu. Pada kata dulu memiliki makna yang menunjukkan sesuatu yang lampau. Pada kata sudah memiliki makna telah melakukan sesuatu. Pada kata belum mempunyai makna tidak melakukan sesuatu. Ketiga, terdapat kesalahan pada pemakaian koherensi kronologis terdapat 8 kesalahan penggunaan koherensi kronologis dintaranya seperti: penempatan koherensi kronologis yang diletakkan diawal paragraf, koherensi kronologis yang diletakkan pada akhir kalimat, serta koherensi kronologis yang diletakkan setelah konjungsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:49 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6597 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |