Anam, Khairul (2024) Analisis Pola Asuh Orang Tua Siswa Beprestasi di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381091106_SAMPUL.pdf Download (319kB) |
|
Text
20381091106_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
20381091106_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
20381091106_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
20381091106_DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
20381091106_BABI.pdf Download (500kB) |
|
Text
20381091106_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
20381091106_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
20381091106_BABIV.pdf Download (954kB) |
|
Text
20381091106_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
20381091106_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
20381091106_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (172kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Siswa Berprestasi Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya orang tua yang menginginkan anaknya berprestasi namun tidak memberikan dukungan. Orang tua hanya memasrahkan anak ke sekolah dan tidak memperdulikan anak ketika di rumah. Hal itu terjadi karena orang tua kurang memahami bagaimana mengasuh anak dengan tepat. Oleh karena itu penting bagi orang tua menentukan pola asuh yang tepat sesuai dengan kondisi anaknya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pola asuh orang tua siswa berprestasi di MTsN 1 Pamekasan?, kedua, Apa manifestasi pola asuh orang tua yang diterapkan pada siswa berprestasi di MTsN 1 Pamekasan?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebih detail penerapan pola asuh orang tua siswa berprestasi dan manifestasinya terhadap siswa berprestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dimana narasumbernya yaitu siswa berprestasi dan orang tuanya. Jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur. Kemudian observasinya menggunakan observasi non partisipan. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, serta triangulasi. Adapun triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pola asuh orang tua siswa berprestasi di MTsN 1 Pamekasan yaitu pola asuh otoritatif dan pola asuh yang menuruti. Adapun bentuk penerapannya yaitu orang tua siswa berprestasi memberikan dukungan kepada anaknya dengan mengizinkan anak untuk melakukan semua kegiatan yang dinginkan selama itu positif. Kemudian orang tua siswa berprestasi memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak. Selanjutnya orang tua siswa berprestasi mengapresiasi keberhasilan anak dengan berbagai macam rupa seperti memberikan hadiah, ucapan, dan ada yang hanya menunjukkan dengan gestur tubuh saja. Terakhir orang tua siswa berprestasi mengontrol anak baik perkembangan maupun aktivitasnya. Namun, ada orang tua yang lebih membebaskan anak dalam bertindak atau tidak posesif. Kedua, manifestasi pola asuh orang tua yang diterapkan pada siswa berprestasi di MTsN 1 Pamekasan yaitu, siswa berprestasi mempunyai mental yang sehat dikarenakan orang tua tidak memberikan kekangan dan tuntutan, kemudian siswa beprestasi mempunyai sikap yang percaya diri, lalu siswa berprestasi mempunyai karakter pantang menyerah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:49 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6604 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |