Jasuli, Jasuli (2023) Manajemen Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Beritia Anggota LPM Activita IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Jasuli_19381041151_Cover_MPI.pdf Download (49kB) |
|
Text
19381041151_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text
19381041151_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_Abstrak_MPI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_BAB I_MPI.pdf Download (508kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_BAB IV_MPI.pdf Download (931kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
Jasuli_19381041151_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (400kB) |
|
Text
19381041151_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (255kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita. Setiap organisasi harus mengimplementasikan Manajemen yang baik terutama dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) pada sebuah organisasi. Hal ini agar tercipta sebuah manajemen yang baik dalam segala kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan : Pertama, untuk mengetahui implementasi manajemen diklat jurnalistik tingkat dasar dalam meningkatkan kemampuan menulis berita anggota LPM Activita IAIN Madura. Kedua, untuk mengetahui factor pendung dan penghambat implementasi manajemen diklat jurnalistik tingkat dasar dalam meningkatkan kemampuan menulis berita anggota LPM Activita IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan, Ketekunan Pengamatan dan Triangulasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan tiga teknik yaitu kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Penerapan manajemen diklat jurnalistik tingkat dasar dalam meningkatkan kemampuan menulis berita anggota LPM Activita IAIN Madura menjadi catatan penting sebagai pembentukan kualitas terhadap tolak ukur kualitas organisasi tersebut. Terdapat beberapa kegiatan manajerial yang dapat diterapkan dalam kegiatan diklat jurnalisti diantanranya: Perencanaan, Pengorganisasian dan pengawasan. Dari ke tiga aspek tersebut hanya aspek pengawasan yang masih perlu ditingkatakan, karena dalam menilai tingginya kemampuan menilis berita tidak cukup hanya dengan pelatihan atau diklat jurnalistik tingkat dasar saja. Kedua, Faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen diklat jurnalistik tingkat dasar dalam meningkatkan kemampuan menulis berita anggota LPM Activita IAIN Madura ialah kelengkapan fasilitas pada saat pelaksanaan diklat jurnalistik tingkat dasar seperti proyektor, soun system dan kelengkapan yang lain. Kelengkapan fasilitas ini akan membantu dan mempermudah narasumber dalam menyampaikan materi terhadap anggota, sehingga nantinya penjelasan pemateri bisa dipahami dengan mudah. Ketiga, factor penghambat manajemen diklat jurnalistik tingkat dasar dalam meningkatkan kemampuan menulis berita anggota LPM Activita IAIN Madura yaitu Narasumber yang sulit ditemui dari pihak-pihak terkait walaupun ada terkadang tidak mau untuk di wawancarai dengan beberapa alasan, hal ini terjadi saat anggota melakukan praktik atau terjun lapangan pada saat diklat jurnalistik ringkat dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6616 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |