Hendra, Jailani Afri (2024) “Studi Fenomenologi Regulasi Diri Terhadap Kemampuan Menghafal Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Karang Anyar Plakpak Pegantenan Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381091094_SAMPUL.pdf Download (107kB) |
|
Text
20381091094_Halaman Persetujuan.pdf Download (203kB) |
|
Text
20381091094_Pengesahan.pdf Download (257kB) |
|
Text
20381091094_ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text
20381091094_DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
20381091094_BAB I.pdf Download (248kB) |
|
Text
20381091094_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
20381091094_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
20381091094_BAB IV.pdf Download (554kB) |
|
Text
20381091094_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
20381091094_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
20381091094_Keaslian Tulisan.pdf Download (397kB) |
Abstract
Kata Kunci: Program Tahfidz, Regulasi Diri dan Kemampuan Menghafal Para era digital saat ini terdapat ragam fenomena yang mencengankan umat manusia, terlebih di Tanah Air Republik Indonesia, mulai dari dekandensi moral sampai pada perbuatan asusila yang tidak hanya terjadi pada kalangan orang dewasa, namun juga terjadi pada kalangan remaja yang notabene berstatus sebagai pelajar. Maka menjadi tepat sekali Lembaga Pendidikan seperti pondok pesantren menyediakan program tahfidz al-Quran agar terlahir generasi yang berakhlak al-Karimah berbasis Qurani. Namun demikian menghafalkan alQuran memerlukan motivasi kuat baik dari dirinya maupun dari orang lain untuk menumbuhkan regulasi diri santri penghafal al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis temuan; 1) program tahfidz di pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah; 2) kemampuan santri menghfalkan al-Quran di pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah; dan 3) regulasi diri santri dalam menghafalkan al-Quran di pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah. Untuk mengungkap ragam permasalah, penelitian menggait teori Octheria Friskilia yang menawarkan konsep regulasi diri sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar. Kemudian teori Zimmerman yang menawarkan gagasan regulasi diri berfungsi untuk merekam dan menyimpulkan bahan pelajaran yang penting dan bukan merupakan rencana diluar proses pembelajarannya, dimana siswa mampu mengatur diri terhadap cara belajar akademik mereka sendiri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah fenomenologis, yaitu jenis penelitian yang berusaha mendeskripsikan fenomena atau peristiwa yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) program tahfidz di pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah berlangsung mulalui strategi mulai dari persiapan menghafalkan alQuran, peroses menghafalkan al-Quran dan evaluasi menghafalkan al-Quran. Selain strategi juga terdapat ragam metode yang digunakan dalam proses menghafalkan al-Quran; 2) kemampuan santri dalam menghafalkan al-Quran di pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah meliputi: a) santri berkemampuan rendah; b) santri berkemampuan sedang; dan c) santri berkemampuan tinggi; dan 3) Regulasi diri santri tahfidz pondok pesantren Nahdlatut Ta’limiyah karena adanya faktor atau dukungan; a) dukungan orang tua; b) dukungan teman sebaya; c) dukungan Kiai, pembimbing dan pengurus pesantren; dan d) adanya motivasi diri santri penghafal al-Quran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6620 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |