Nadia, Soviana (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Around Busy Board di TK Pertiwi Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381062062_ SAMPUL.pdf Download (182kB) |
|
Text
20381062062_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (292kB) |
|
Text
20381062062_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
20381062062_ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
|
Text
20381062062_DAFTAR ISI-1.pdf Download (271kB) |
|
Text
20381062062_BAB I.pdf Download (800kB) |
|
Text
20381062062_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
Text
20381062062_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
20381062062_BAB IV.pdf Download (836kB) |
|
Text
20381062062_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
20381062062_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (342kB) |
|
Text
20381062062_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata Kunci: Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun, Media Around Busy Board Perkembangan motorik halus anak merupakan salah satu aspek yang selalu menjadi perhatian utama bagi orang tua maupun pendidik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Pertiwi Pakong Pamekasan yang masih rendah serta media pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui media Around Busy Board di TK Pertiwi Pakong Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Pertiwi Pakong Pamekasan yang berjumlah 13 anak. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pakong Pamekasan dapat ditingkatkan melalui media Around Busy Board. Hal ini terbukti dari hasil observasi yaitu pada pra siklus kemampuan motorik halus anak memperoleh persentase sebesar 23%. Pada siklus I memperoleh persentase 46%, terdapat peningkatan anak akan tetapi belum mencapai target yang diharapkan sehingga belum dikatakan berhasil. Hal ini perlu dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II memperoleh persentase sebesar 85%, hal ini menunjukkan peningkatan yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Around Busy Board dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, bahkan sudah melebihi target pencapaian yang diharapkan, yaitu 76%. Manfaat penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media Around Busy Board pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |