Syarifah, Jannatus (2024) Efektivitas Teknik Self Management untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Santri di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_COVER_BKPI.pdf Download (204kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf Download (276kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_HALAMAN PENGESAHAN_ BKPI.pdf Download (371kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (186kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_DAFTAR ISI_BKPI.pdf Download (192kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_BAB I_BKPI.pdf Download (366kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_BAB IV_BKPI.pdf Download (428kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024_DAFTAR RUJUKAN_BKPI.pdf Download (395kB) |
|
Text
JANNATUS SYARIFAH_20381092024KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf Download (389kB) |
Abstract
Kata kunci: Self Management, Kejenuhan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya santri yang memiliki kejenuhan belajar dimana mereka merasa malas, bosan tidak menyukai guru yang mengajar, pelajaran yang membosankan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan oleh peneliti berupa konseling kelompok dengan teknik self management dapat mengatasi kejenuhan belajar. Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Bagaimana keefektivan teknik self management untuk mengatasi kejenuhan belajar santri di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan 2) Apakah ada perubahan yang signifikan pada skor kejenuhan belajar setelah di berikan treatment berupa kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one-group pre-test post-test menggunakan teknik self management. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar dan menggunakan wawancara semi terstruktur sebagai pendukung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 responden dengan metode pemilihan sampelnya adalah purposive sampling yang sudah dipilih oleh Pengurus Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sample T-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik self management efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar santri di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan. Dapat dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,003 < 0,05 dan ditunjukkan dari hasil t hitung (5.421) dan t tabel (2.570) jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Dari uji paired samples correlations diketahui bahwa nilai korelasi sebesar -0.425 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,400. Karena nilai Sig. 0,400 > probabilitas 0,05 maka bisa dikatakan jika tidak terdapat hubungan antara variabel pre-test dengan variabel post-test. Nilai rata-rata pre-test sebesar 47,50 dan nilai rata-rata post-test sebesar 32,33. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada pengurus pondok pesantren sumber bungur menunjukkan pula bahwa kejenuhan belajar yang dialami santri menurun setelah dilakukan treatment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6634 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |