Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Multiliterasi Pada Peserta Didik di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan

Awaliyah, Nuril Baiti (2024) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Multiliterasi Pada Peserta Didik di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
18381012142-SAMPUL.pdf

Download (75kB)
[img] Text
18381012142-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
18381012142-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
18381012142-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
18381012142-DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
18381012142-BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
18381012142-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
18381012142-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
18381012142-BAB IV.pdf

Download (269kB)
[img] Text
18381012142-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
18381012142-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
18381012142-KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (862kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Model Multiliterasi, Peserta Didik Akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki nilai rasa, tingkah laku manusia sehingga menuntut setiap lembaga pendidikan untuk memiliki antisipasi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran multiliterasi. Dengan harapan dapat meningkatkan budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaan yang bermakna dengan menghubungan kehidupan sehari-hari. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak melalui multiliterasi pada peserta didik di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan?; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak melalui multiliterasi pada peserta didik di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pembelajaran akidah akhlak melalui multiliterasi pada peserta didik di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan, di antaranya sebagai berikut: a). Tahap perencanaan ialah penyusunan RPP yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan setiap materi pembelajaran. b). Tahap pelaksanaan, meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c). Tahap evaluasi ialah disesuaikan dengan indikator pembelajaran dengan kriteria afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan); kedua, faktor pendukung pembelajaran akidah akhlak melalui multiliterasi pada peserta didik di MA Az-Zubair Tlanakan, ialah adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, dukungan penuh dari kepala madrasah, serta adanya motivasi atau dukungan dari kedua orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya ialah tidak adanya minat belajar dalam diri siswa, serta terpengaruhnya lingkungan masyarakat yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:36
Last Modified: 29 Aug 2024 07:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6640

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item