Wahyuni, Syarifah Dewi (2024) Penerapan Metode Tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di musholla Miftahul Jannah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381012003_SAMPUL.pdf Download (142kB) |
|
Text
19381012003_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
19381012003_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
19381012003_ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text
19381012003_DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
19381012003_BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
19381012003_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
19381012003_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
19381012003_BAB IV.pdf Download (431kB) |
|
Text
19381012003_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
19381012003_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) |
|
Text
19381012003_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (362kB) |
Abstract
Kata kunci: Penerapan Metode Tartila, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode tartila merupakan suatu penekanan terhadap membaca secara pelan, penekanan yang lebih terhadap mahrojul hurufnya dan penanaman kaidah tajwid dengan di drill secara berulang ulang sampai siswa benar-benar menguasainya. Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama bagaiman langkah ustad/ustadzh dalam menerapkan metode tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di musholla Miftahul Jannah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan. Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tartiladalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di musholla Miftahul Jannah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan. Ketiga bagaimana solusi yang dilakukan ustad/ustadzh dalam menghadapi hambatan penerapan metode tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di musholla Miftahul Jannah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis desriptif. Penelitian ini dilakukan di desa tanjung pademawu pamekasan, ustad, ustadzh, santri. Dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Langkah ustad/ustadzh dalam menerapkan metode tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, melakukan tes baca Al-Quran pada santri baru untuk mengetahui kemampuan santri membaca AlQur’an. Kedua, menggunakan metode simak baca dengan cara menulis hurufhuruf hijaiyah di papan tulis lalu dibaca bersama-sama. Faktor pendukung pertama, dukungan dari ustad/ ustadzh dengan memberikan motivasi kepada santri tentang pentingnya membaca Al-Qur’an. Kedua, yaitu menggunakan metode klasikal simak baca. Ketiga,dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu saran dan prasarana tidak memadai dan kurangnya motivasi dari orang tua santri terhadap tambahan metode klasikal simak baca. Solusi yang dilakukan ustadz/ustadzh membenahi kekurangan-kekurangan atau sarana dan vi prasarana yang kurang dimusholla. Dan melakukan kolaborasi dengan orang tua/wali santri yang kurang begitu mendukung dengan cara memberikan motivasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6641 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |