Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 4 Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep

Daifi, Muhammad (2024) Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 4 Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 Sampul Skripsi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 halaman persetujuan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 Halaman Pengesahan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
MUHAMMAD DAIFI 20381011114 Pernyataan Keaslian.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kata Kunci: Siswa, Media, Hasil Belajar, Media Flash Card. Kartu kilat atau kartu cepat ialah nama yang sering dikenal dengan media flash card yang merupakan media pembelajaran inovatif yang menyenangkan dan aktif bagi siswa ketika diterapakan pada proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Selain itu, media ini merupakan media pembelajaran yang dapat dikatakan media yang mudah dan cepat dibuat serta tidak banyak mengeluarkan banyak biaya bagi guru. Cara penerapan media ini ialah mejelaskan atau memecahkan masalah yang terdapat suatu kalimat, bisa juga gambar atau angka yang ada didalam kartu tersebut. Hal tersebut dapat membantu memperkuat ingatan siswa tentang materi yang telah dijelaskan. Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dapat tercapai dari cara mengajar guru. Salah satu caranya guru harus kreatif dalam memilih dan melihat serta memahami metode atau media pembelajaran yang akan di terapkan, karena akan berpengaruh poisitif jika diterpakan dengan baik. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan pembelajaran yaitu siswa merasa jenuh dan bosan di kelas. Dari adanya permasalahan tersebut, dapat dibuat rumusan masalah yakni 1.) Apakah penerapan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 4 di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep? 2.) Bagaimana gambaran efektifitas media flash card akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 4 di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 4 di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Peneliti memeperoleh data penelitian melalui wawancara, dokumentasi, pengamantan, catatan lapangan, hasil tes belajar siswa dan lembar pengamatan. Adapun hasil penelitian yang didapat peneliti selama tahapan pra-siklus, siklus I dan siklus II yaitu 1.) Hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran ilmu tajwid di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan belajar mengajar. Dapat dilihat dari pra-siklus presentase ketuntasan hasil belajar siswa yakni 40% dan siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa yakni 60%, Serta pada tahapan siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa yakni 86,6%. 2.) Hasil efektifitas dalam pembelajaran, siklus I presentase aktivitas guru dalam mengajar yakni 94,23% termasuk kriteria sangat baik/tinggi dan aktivitas siswa di kelas yakni 68% termasuk kriteria baik. sedangkan Siklus II presentase aktivitas guru dalam mengajar yakni 98,07% termasuk kreteria sangat baik/tinggi dan Aktivitas siswa di kelas yakni 82% termasuk kreteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:32
Last Modified: 29 Aug 2024 07:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6661

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item