“Penggunaan Metode Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sendir Lenteng Sumenep”

Faizal, Ach. (2024) “Penggunaan Metode Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sendir Lenteng Sumenep”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_cover_pai.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_lembar persetujuan_pai.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Ach.Faizal_2038101163_Halaman Pengesahan_pai.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_abstrak_pai.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_daftar isi_pai.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_bab 1_pai.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_bab 2_pai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_bab 3_pai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_bab 4_pai.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_bab 5_pai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_daftar rujukan_pai.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Ach.Faizal_20381011063_Keasliaan Tulisan_pai.pdf

Download (44kB)

Abstract

Kata Kunci : Penggunaan, Ice Breaking, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Rendahnya semangat siswa serta motivasi dalam belajar dikalangan Madrasah dapat dirasakan oleh setiap guru dan orang tua siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, maka salah satu upaya Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sendir Lenteng Sumenep, dalam penggunaan metode Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Untuk itu peneliti menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaiamana penggunaan metode Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, Kedua, Apa faktor pendukung dalam penggunaan metode Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, Ketiga, Apa faktor penghambat dalam penggunaan metode Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan Siswa-Siswi Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Senidr Lenteng Sumenep, Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Penggunaan metode Ice Breaking diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, bentuk metode Ice Breaking yang diberikan berbentuk permainan, nyanyian, dan melatih kefokusan otak, dalam penerapannya ini memerlukan 2-3 menit, serta didukung oleh dengan adanya alat peraga, dan tentunya ada beberapa langkah-langkah dalam penerapannya, Kedua, Faktor pendukung dalam penggunaan metode ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. yakni adanya alat peraga, lingkungan yang nyaman, dan minat serta semangat siswa, Ketiga, Faktor penghambat dalam penggunaan metode ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yakni siswa kecanduan, minimnya sumber bahan ajar serta guru harus menegur terlebih dahulu siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:32
Last Modified: 29 Aug 2024 07:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6663

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item