Penerapan Metode Drill pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di SDN Larangan Dalam 1 Kabupaten Pamekasan

Kutsiyah, Nurisatul (2024) Penerapan Metode Drill pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di SDN Larangan Dalam 1 Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012048_SAMPUL.pdf

Download (175kB)
[img] Text
20381012048_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
20381012048_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
20381012048_ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
23081012048_DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
20381012048_BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20381012048_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
20381012048_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
20381012048_BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
20381012048_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
20381012048_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
20381012048_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (194kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Drill, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Daya Ingat Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di SDN Larangan Dalam 1 Kabupaten Pamekasan terdapat seorang guru menerapkan metode drill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam meningkatkan daya ingat siswa dengan tujuan mengatasi daya ingat siswa yang masih lemah. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara penerapan metode drill pada pembelajaran paibp dalam meningkatkan daya ingat siswa di sdn larangan dalam 1 kabupaten pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode drill pada pembelajaran paibp dalam meningkatkan daya ingat siswa di sdn larangan dalam 1 kabupaten pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cara penerapan metode drill pada pembelajaran paibp dalam meningkatkan daya ingat siswa di SDN Larangan Dalam 1 Kabupaten Pamekasan yaitu: 1)guru memberikan motivasi serta menjelaskan metode apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. 2) guru memilih materi yang ringan pada saat menerapkan metode tersebut. 3) guru mata pelajaran paibp menjelaskan materi secara detail. 4) kemudian setelah menjelaskan materinya guru mata pelajaran menyuruh atau menunjuk mereka untuk maju kedepan melakukan praktek atau yang lainnya. 5) kalau ada siswa yang masih belum paham, guru mata pelajaran akan menjelaskan kembali terkait materi yang telah dijelaskan. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode drill pada pembelajaran paibp dalam meningkatkan daya ingat siswa di SDN Larangan Dalam 1 Kabupaten Pamekasan yaitu faktor pendukungnya sarana dan pra-sarana yang sudah memadai, guru datang tepat waktu, adanya motivasi dari guru mata pelajaran paibp, serta antusias dan rasa semangat peserta didik pada saat pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyak siswa yang masih tidak mendengarkan gurunya pada saat menjelaskan, adanya pengaruh dari temannya, kurangnya perhatian dari orang tua sehingga anak tidak terkendali pada saat ada disekolah, tingkat kecerdasan dari mereka berbeda-beda, serta kurangnya motivasi dari peserta didiknya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:30
Last Modified: 29 Aug 2024 07:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6670

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item