Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Repetitive dalam Membentuk Generasi Qur’ani di SDN Bancamara Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep

Maysurah, Maysurah (2024) Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Repetitive dalam Membentuk Generasi Qur’ani di SDN Bancamara Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Maysurah_20381012168_Cover_PAI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Abstrak_PAI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_BAB I_PAI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_BAB IV_PAI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Maysurah_20381012168_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kata Kunci : Program Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Repetitive, Generasi Qur’ani Program baca tulis al-Qur’an bertujuan agar peserta didik bisa membaca, menulis, memahami dan menghafal al-Qur’an untuk membentuk generasi qur’ani. Dalam hal ini menggunakan metode repetitive, yang bermaksud agar pelajaran yang telah diterima melekat dalam ingatan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi program baca tulis al-Qur'an melalui metode repetitive dalam membentuk generasi Qur'ani di SDN Bancamara II Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep?, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program baca tulis AlQur'an melalui metode Repetitive dalam membentuk Generasi Qur'ani di SDN Bancamara II Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, guru BTQ, dan siswa. Analisis data melalui reduksi data, data display, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam penerapannya menggunakan metode repetitive yaitu mengulang-ngulang materi yang dipelajari atau dengan memberi tanda kata atau kalimat yang penting untuk diingat oleh peserta didik. Hal tersebut dinyatakan berhasil, siswa mampu membaca, menulis, menghafal al-Qur'an serta mampu memahami, menerapkan isi kandungan alQur'an dan ilmu tajwid. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program baca tulis Al-Qur'an melalui metode Repetitive dalam membentuk Generasi Qur'ani di SDN Bancamara II Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Faktor pendukungnya yaitu kemampuan guru, pemilihan metode yang tepat, adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat, penyediaan sarana dan prasarana, kegigihan guru dalam membimbing siswa, keingintahuan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat diantaranya tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda, adanya agenda lain yang berbenturan dengan jadwal mapel BTQ, kurang kepeduliannya orang tua, peserta didik sering lupa, malas, dan kurang sabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:27
Last Modified: 29 Aug 2024 07:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6687

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item