Roziqin, Miftahur (2024) Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Meningktkan Kualitas Guru PAI di SDN Tlanakan 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381011136_SAMPUL.pdf Download (96kB) |
|
Text
19381011136_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
19381011136_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
19381011136_ABSTRAK.pdf Download (39kB) |
|
Text
19381011136_DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
19381011136_BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
19381011136_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
19381011136_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
19381011136_BAB IV.pdf Download (210kB) |
|
Text
19381011136_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
19381011136_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
19381011136_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (241kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kualitas Guru, Pendidkan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti terhadap Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Meningktkan Kualitas Guru PAI di SDN Tlanakan 1 Pamekasan. Melihat hal tersebut maka fokus penelitian yang diambil yaitu Bagaimana Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Meningktkan Kualitas Guru PAI di SDN Tlanakan 1 Pamekasan?, dan Apa saja Faktor pendukung dan Penghambat Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Meningktkan Kualitas Guru PAI di SDN Tlanakan 1 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara (semi terstruktur), observasi (non partisipan), dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari Kepala Sekolah, Guru PAI, Staf Guru, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Kontrubsi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas guru PAI yakni, kepala sekolah sebagai penggerak utama dalam memotivasi guru PAI untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran mereka, dengan melakukan monitoring kepada guru PAI, memberikan dorongan, dukungan, dan sumber daya yang dibutuhkan. Selain itu kepala sekolah juga membantu guru PAI dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam pembelajaran agama islam dengan cara memberikan arahan dan masukannya. Kepala Sekolah juga memberikan arahan dan kualitas pendidikan agama islam di sekolah, yang berdampak langsung pada pemahaman siswa tentang agama dan nilai-nilai yang mereka terima selama masa sekolah. Pelaksanaan kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru PAI tidak seterusnya berjalan dengan lancar. Kedua, faktor pendukung seperti: motivasi dari kepala sekolah, sarana dan prasarana, peran kepala sekolah yang efektif untuk menjadikan guru PAI yang berkualitas. Adapun faktor penghambat seperti: anggran yang terbatas, serta sulitnya guru PAI untuk mengikuti kegiatan pelatihan karena jadwal yang sangat padat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |