Madiana Puteri, Dwi Harlia (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Probing Prompting pada Mata Pelajaran AL-Qur’an Hadits Kelas 2 di MA AL-Inayah Dusun Timur, Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_20381012018_COVER_PAI.pdf Download (141kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_20381012018_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (105kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_20381012018_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (130kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_ABSTRAK_PAI.pdf Download (101kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (400kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_BAB 1_PAI.pdf Download (326kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_BAB IV_PAI.pdf Download (217kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_2038102018_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (224kB) |
|
Text
DWI HARLIA MADIANA PUTERI_20381012018_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (18kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode, Probing Prompting Metode Probing Prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan beberapa pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berfikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Bagaimana proses penerapan metode probing prompting pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 2 di MA ALInayah Dusun Timur Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan? Kedua. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari metode probing prompting pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 2 di MA ALInayah Dusun Timur Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskrptif. Sumber data ini diperoleh dari hasil Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala sekolah, guru mata pelajaran AL-Qur’an Hadits dan juga beberapa siswa kelas 2 di MA AL-Inayah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Proses penerapan metode probing prompting diterapkan pada pelajaran AL-Qur’an Hadits, Siswa ditunjuk untuk menjawab pertanyaan, Guru menggunakan serangkaian pertanyaan yang sifatnya itu menuntun dan menggali pola pikir siswa, Siswa juga akan melakukan diskusi, Guru memberi motivasi belajar bagi siswa. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu lembaga sendiri, dari guru serta dari siswa, sedangkan faktor penghambat itu minimnya waktu, Sarana prasarana kurang, seperti proyektor dan laptop,bisa dari faktor internal dan eksternal, dari internal seperti kemampuan intelektual, kurangnya motivasi, kesehatan, minat, sedangkan faktor eksternal seperti gurunya yang kurang memahami materi, lingkungan keluarga,lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6691 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |