Nilai-nilai Moral dalam Novel Ivanna Van Dijk Karya Risa Saraswati dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam

Meydina, Shafira Rizqiy (2024) Nilai-nilai Moral dalam Novel Ivanna Van Dijk Karya Risa Saraswati dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012055_SAMPUL.pdf

Download (111kB)
[img] Text
20381012055_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
20381012055_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20381012055_ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
20381012055_DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
20381012055_BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
20381012055_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
20381012055_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
20381012055_BAB IV.pdf

Download (155kB)
[img] Text
20381012055_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
20381012055_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (263kB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai Moral, Novel, Tujuan Pendidikan Islam Produk karya tulis yang dapat digunakan untuk menanamkan nilia-nilai moral terhadap generasi bangsa salah satunya adalah karya sastra. karya sastra yang berupa novel nyatanya terbukti efektif dalam memberikan dampak secara psikologis yang sangat baik bagi terjaganya kepribadian generasi bangsa. Novel dapat mmenjadi media yang cukup efektif untuk mengoptimalkan penanaman dari nilai-nilai pendidikan, terutama pendidkan moral. Khususnya bagi novel yang mengangkat tema tentang pendidikan moral, yang banyak mengandung nilai-nilai moral di dalamnya. Novel Ivanna Van Dijk karya Risa Sarasawti mengandung beberapa nilai moral. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Ivanna Van Dijk Karya Risa Saraswati dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Ivanna Van Dijk Karya Risa Saraswati. Analisis data menggunakan tehnik analisis isi (content analysis). Dalam menganalisis data, peneliti melakukan beberapa tahapan,yaitu : Mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati. (1) Moral terhadap tuhan: a. Tidak takabbur, b. Meyakini hukuman Tuhan, c. Berprasangka baik pada Tuhan, d. Pandai bersyukur, e. Berdo’a, f. Tawakkal, g. Menerima ketentuan Tuhan, h. Rajin beribadah. (2) Nilai moral individu: a. Rendah hati, b. Ketulusan, c. Kasih sayang, d. Dedikasi tinggi, e. Sopan santun, f. Kejujuran, g. Tidak dendam, h. Berprasangka baik, i. Sabar. (3) Nilai moral terhadap keluarga : a. Patuh terhadap orang tua, b. Membantu orang tua, c. Cinta terhadap orang tua, d. Kasih sayang suami terhadap istri, e. Kasih sayang ayah terhadap anak, f. Kasih sayang sesama saudara. (4) Nilai moral terhadap masyarakat, a. Tolong menolong, b. Toleransi, c. Silaturrahmi, d. Bersikap ramah. Kedua, Relevansi nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati dengan tujuan Pendidikan Islam. Dapat diketahui bahwa kaitannya dengan tujuan pendidikan Islam terlihat bahwa nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati, mempunyai orientasi yang sama yaitu pembentukan manusia yang berakhlak baik dan diharapakan menjadi Manusia yang sempurna (Insan Kamil). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat relevansi antara nilainlai moral yang terdapat dalam novel Ivanna Van Dijk dengan Tujuan Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:27
Last Modified: 29 Aug 2024 07:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6692

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item