Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Adiwiyata di MTsN 1 Pamekasan

Firnanda, Edy (2024) Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Adiwiyata di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_COVER_MPI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB I_MPI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB IV_MPI.pdf

Download (985kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
EDY FIRNANDA_18381041039_KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (228kB)

Abstract

Kata Kunci: peran kepala madrasah, adiwiyata Kepala madrasah merupakan seseorang yang memiliki peranan yang begitu penting karena memimpin disuatu lembaga pendidikan sehingga nantinya lembaga tersebut bisa teroraginisir dengan baik dan juga merupakan seorang pemimpin yang memiliki peran diberbagai bidang termasuk dalam pengembangan program adiwiyata. Program adiwiyata merupakan sebuah program yang dilaksanakan dengan tujuan menciptakan kondisi lingkungan madrasah yang baik bagi warga madrasah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta menanamkan kepada semua warga madrasah rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Maka dari itu, sebagai seseorang yang memiliki jabatan tertinggi dan memiliki tanggung jawab terhadap Lembaga Pendidikan yang dipimpinnya, seorang kepala madrasah harus mampu memberikan peran yang positif bagi seluruh kegiatan yang dilaksanakan, termasuk program adiwiyata. Dengan demikian program adiwiyata di madrasah tersebut mampu berkembang dan menjadi lebih baik. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata. Kedua, Faktor apa saja yang mejadi pendukung dan penghambat peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata di MTsN 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dengan cara wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun nara sumber meliputi Kepala Madrasah, ketua tim adiwiyata, dan juga siswa. Serta penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada dilapangan dengan teori yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata yaitu membentuk tim khusus adiwiyata guna menangani segala program yang berkaitan dengan lingkungan serta kepala madrasah menjadi motivator bagi seluruh warga madrasah dalam hal menjaga lingkungan madrasah. Kedua, factor pendukung peran kepala madrasah adalah kekompakan para guru maupun siswa dalam melaksanakan program yang telah disusun. Sedangkan factor penghambatnya adalah minimnya dana atau anggaran yang dimiliki

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:41
Last Modified: 23 Aug 2024 07:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6703

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item