Firnanda, Edy (2023) Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Adiwiyata di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_COVER_MPI.pdf Download (223kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (107kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (191kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_ABSTRAK_MPI.pdf Download (187kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (211kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB I_MPI.pdf Download (527kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB IV_MPI.pdf Download (985kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (408kB) |
|
Text
EDY FIRNANDA_18381041039_KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (228kB) |
Abstract
Kata Kunci: peran kepala madrasah, adiwiyata Kepala madrasah merupakan seseorang yang memiliki peranan yang begitu penting karena memimpin disuatu lembaga pendidikan sehingga nantinya lembaga tersebut bisa teroraginisir dengan baik dan juga merupakan seorang pemimpin yang memiliki peran diberbagai bidang termasuk dalam pengembangan program adiwiyata. Program adiwiyata merupakan sebuah program yang dilaksanakan dengan tujuan menciptakan kondisi lingkungan madrasah yang baik bagi warga madrasah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta menanamkan kepada semua warga madrasah rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Maka dari itu, sebagai seseorang yang memiliki jabatan tertinggi dan memiliki tanggung jawab terhadap Lembaga Pendidikan yang dipimpinnya, seorang kepala madrasah harus mampu memberikan peran yang positif bagi seluruh kegiatan yang dilaksanakan, termasuk program adiwiyata. Dengan demikian program adiwiyata di madrasah tersebut mampu berkembang dan menjadi lebih baik. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata. Kedua, Faktor apa saja yang mejadi pendukung dan penghambat peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata di MTsN 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dengan cara wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun nara sumber meliputi Kepala Madrasah, ketua tim adiwiyata, dan juga siswa. Serta penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada dilapangan dengan teori yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran kepala madrasah dalam pengembangan program adiwiyata yaitu membentuk tim khusus adiwiyata guna menangani segala program yang berkaitan dengan lingkungan serta kepala madrasah menjadi motivator bagi seluruh warga madrasah dalam hal menjaga lingkungan madrasah. Kedua, factor pendukung peran kepala madrasah adalah kekompakan para guru maupun siswa dalam melaksanakan program yang telah disusun. Sedangkan factor penghambatnya adalah minimnya dana atau anggaran yang dimiliki, mengingat program adiwiyata memerlukan biaya yang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6704 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |