Penggunaan Metode Pembelajaran Active debate dalam Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas V di SDI Matsaratul Huda

Halimiyyah, Aini (2024) Penggunaan Metode Pembelajaran Active debate dalam Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas V di SDI Matsaratul Huda. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381052002_SAMPUL.pdf

Download (86kB)
[img] Text
20381052002_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
20381052002_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
20381052002_ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text
20381052002_DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
20381052002_BABI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
20381052002_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
20381052002_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
20381052002_BABIV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
20381052002_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
20381052002_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
20381052002_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Active Debate, Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa, Mata Pelajaran PPKN. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran siswa dikelas utamanya pada pembelajaran PPKN. Siswa kurang aktif pada saat pembelajaran baik aktif dalam bertanya maupun aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Guru memilih metode pembelajaran active debate sebagai metode pembelajaran yang akan digunakan pada saat pembelajaran PPKN. Fokus penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V pada pembelajaran PPKN. Dan penggunaan metode pembelajaran active debate yang digunakan oleh guru serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode active debate tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDI Matsaratul Huda dengan jumlah keseluruhan siswa 17 orang. Adapun penelitian dilakukan dengan tiga tahapan dalam teknik pengumpulan data yaitu, Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa serta hasil tes yang diberikan oleh guru. Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada penerapan metode tersebut pada siklus II buktinya siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya. Rata-rata nilai observasi siswa pada saat mengemukakan pendapatnya yaitu pada siklus I bernilai rata-rata 42,3 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,2. Sedangkan, pada tes kemampuan mengemukakan pendapat pada siklus I hanya 47% siswa yang tuntas dalam tesnya. Namun, ada peningkatan pada siklus II hasil tes siswa mencapai 82%. Peningkatan tersebut dilakukan dengan memaksimalkan upaya guru agar siswa mengemukakan pendapatnya dengan diawali oleh pertanyaan dari guru. Adapun hasil tes secara klasikal siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 10 orang dan siklus II 14 orang dengan persentase siswa tuntas siklus I 58,80% dan pada siklus II 82,35%. Adapun pada siklus I siswa tidak tuntas 7 orang dan pada siklus II 3 orang dengan persentase siklus I 41,18% dan siklus II 17,64%. Dari analisis data tersebut dapat kita simpulkan bahwa ada peningkatan dari siklus hingga siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:24
Last Modified: 29 Aug 2024 07:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6705

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item