Agustin, Riska (2024) Penerapan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052028_SAMPUL.pdf Download (17kB) |
|
Text
20381052028_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
20381052028_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
20381052028_ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
20381052028_DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
Text
20381052028_BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
20381052028_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text
20381052028_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
20381052028_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381052028_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
20381052028_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (400kB) |
|
Text
20381052028_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (86kB) |
Abstract
Kata kunci: Mind Mapping, Pemahaman Siswa, IPAS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan metode mind mapping dan hasil penerapan dari metode mind mapping tersebut pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Sumedangan II Kecamatan Pademawu Pamekasan. Jenis penelitan yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan wali kelas V SDN Sumedangan II, dimana dalam penentuan ketuntasan keberhasilan individu yang digunakan dalam pembelajaran tersebut yaitu 70 dan ketuntasan klasikal 78%. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana proses penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan. 2) Bagaimana hasil peningkatan pemahaman siswa menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan. Penelitian tersebut dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus dua pertemuan, terdapat beberapa tahapan pada setiap siklusnya, diantaranya: 1) perencanaan yaitu membuat modul ajar, mempersiapkan pembelajaran menggunakan metode mind mapping, dan lembar observasi. 2) tindakan/pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat. 3) pengamatan/observasi untuk mengetahui kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, menyempurnakan dan mengevaluasi terkait proses pembelajaran. Dari hasil penelitian yang didapat pada pra siklus, siklus I, siklus II diketahui penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan pertama, pada pra siklus persentase ketuntasan 14,28% dengan 2 siswa tuntas. Kedua, siklus I persentase ketuntasan 35,71% dengan 5 siswa yang tuntas. Ketiga, siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 85,71% dengan 12 siswa yang tuntas. Sehingga dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Sumedangan II Pademawu Pamekasan berhasil telah mencapai indikator keberhasilan individu yaitu 70 dengan persentase klasikal 78%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6709 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |