Riskiyah, Sofiatur (2024) Penerapan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kela IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052032_SAMPUL.pdf Download (469kB) |
|
Text
20381052032_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text
20381052032_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (263kB) |
|
Text
20381052032_ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
20381052032_DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
20381052032_BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
20381052032_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
20381052032_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
Text
20381052032_BAB IV.pdf Download (521kB) |
|
Text
20381052032_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
20381052032_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (456kB) |
|
Text
20381052032_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (261kB) |
Abstract
(IAIN) Madura, pembimbing: Leli Lestari, M.Pd. Kata Kunci: Metode Show and Tell, Meningkatkan Keterampilan Berbicara, Mata pelajaran Bahasa Indonesia Rendahnya keterampilan berbicara siswa karena penggunaan metode yang kurang menarik sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan membosankan. Tujuan peneliti ini adalah: untuk mendeskripsikan penerapan metode Show and Tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda dan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan (PTK) Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc.Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, Observasi, tes praktek dan dokumentasi. KKM dari pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan adalah lebih dari 75%. Penerapan metode Show and Tell telah dilakukan menggunakan dua siklus, dan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini ada peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil tes praktek yang dilakukan oleh peneliti pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ada peningkatan keterampilan berbicara melalui metode Show and Tell. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil praktek keterampilan berbicara yang menunjukkan dari 14 siswa mengikuti tes siklus 1 dengan nilai ratarata 64%. Dengan 6 siswa tidak tuntas yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 78% yang berarti adanya peningkatan keterampilan berbicara sebesar 14%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6711 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |