Syamsul Rizal, Moh.Iqbal (2023) Strategi Guru SBDP Dalam Melestarikan Budaya Tari Madura di SDN Bandaran 3. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381051066_SAMPUL.pdf Download (387kB) |
|
Text
20381051066_halaman persetujuan(2).pdf Download (133kB) |
|
Text
20381051066_Halaman pengesahan .pdf Download (219kB) |
|
Text
20381051066_ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
Text
20381051066_DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
|
Text
20381051066_BAB I.pdf Download (696kB) |
|
Text
20381051066_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
|
Text
20381051066_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
20381051066_BAB IV.pdf Download (829kB) |
|
Text
20381051066_Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
20381051066_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (489kB) |
|
Text
20381051066_keaslian tulisan.pdf Download (359kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru Seni Budaya dan Prakarya, Melestarikan Budaya Tari Madura. Kegiatan ekstrakurikuler tari Madura di SDN Bandaran 3 merupakan salah satu wadah untuk melestarikan budaya, khsusnya budaya tari Madura agar tetap terjaga pelestariannya dan tidak sampai punah atau diklaim oleh negara lain. Maka seorang guru utamanya yang mengajar mata pelajaran seni budaya dan prakarya perlu untuk menyiapkan strategi khusus untuk mengarahkan peserta didik agar ikut melestarikan budaya sendiri dan tidak mengikuti budaya barat yang masuk ke Indonesia melalui tekhnologi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru seni budaya dan prakarya dalam melestarikan budaya tari Madura di SDN Bandaran 3, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru SBDP dalam melestarikan budaya tari Madura di SDN Bandaran 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan lokasi penelitian di SDN Bandaran 3 Kabupaten Pamekasan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer penelitian ini berupa hasil wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru seni budaya dan prakarya, serta Siswa SDN Bandaran 3. Sedangkan data sekunder diperoleh peneliti dapat berupa bahan referensi, seperti dokumen buku, profil sekolah, dan lain lain yang berkaitan dengan strategi guru seni budaya dan prakarya dalam melestarikan budaya tari Madura. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data langsung dari lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi dari data yang disajikan. Dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian pada strategi guru seni budaya dan prakarya dalam melestarikan budaya tari Madura di SDN Bandaran 3 yaitu: Strategi pembelajaran Interaktif, strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran pengalaman, strategi pembelajaran mandiri. Dalam proses pelaksanaan tersebut, terdapat faktor pendukung guru seni budaya dan prakarya dalam melestarikan budaya tari Madura di SDN Bandaran 3, yaitu meliputi: kemauan siswa, orang tua, rasa cinta terhadap seni. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu antara lain: kemampuan siswa yang berbeda, serta sarana dan prasaran yang rusak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6716 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |