Ramadhani, Gufron (2024) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media 3D Pop Up Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V di MI Riyadul Ulum Bicorong, Pakong, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. Gufron Ramadhani_20381051010_cover_PGMI.pdf Download (65kB) |
|
Text
B. Gufron Ramadhani_20381051010_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
B. Gufron Ramadhani_20381051010_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (182kB) |
|
Text
C. Gufron Ramadhani_20381051010_abstrak_PGMI.pdf Download (148kB) |
|
Text
D. Gufron Ramadhani_20381051010_daftar isi_PGMI.pdf Download (390kB) |
|
Text
E. Gufron Ramadhani_20381051010_Bab 1_PGMI.pdf Download (428kB) |
|
Text
F. Gufron Ramadhani_20381051010_Bab 2_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
G. Gufron Ramadhani_20381051010_Bab 3_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
H. Gufron Ramadhani_20381051010_Bab 4_PGMI.pdf Download (855kB) |
|
Text
I. Gufron Ramadhani_20381051010_Bab 5_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
J. Gufron Tamadhani_20381051010_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (310kB) |
|
Text
J. Gufron Tamadhani_20381051010_keaslian tulisan_PGMI.pdf Download (126kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, 3D Pop Up, Bangun Ruang Penggunaan media 3D Pop up sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan dan merangsang pikiran siswa dalam memberi tanggapan dan umpan balik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa untuk melakukan praktik dengan benar. Salah satu rendahnya hasil belajar siswa MI Riyadul Ulum dalam materi bangun ruang disebabkan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, hal ini terjadi karena guru hanya menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan latihan soal tanpa menggunakan media pendukung. Dan dari itu observasi merumuskan masalah: Bagaimana penggunaan media pembelajaran 3D Pop-Up bangun ruang dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika siswa kelas IV MI Riyadul Ulum Bicorong, Pakong, Pamekasan? Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media 3d pop up pada materi bangun ruang kelas IV MI Riyadul Ulum Bicorong, Pakong, Pamekasan? Jenis penelitan ini adalah PTK dengan subjek penelitan kelas V MI Riyadul ulum. Penelitan ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif. Indikator keberhasilan peneltian ini adalah minimal siswa telah mencapai KKM yaitu 75%. Hasil penelitian siklus II dalam pembelajaran menggunakan media 3D Pop up dapat membantu aktivitas hasil belajar siswa kelas V MI Riyadul Ulum. Peningkatan dapat dilihat pada siklus I yaitu (0,59) yang masih masuk dalam kategori sedang, sedangkan nilai yang mencapai KKM hanya 2 siswa atau 18%. Nilai rata-rata pada siklus II yaitu (0,75) yang masih masuk dalam kategori tinggi, sedangkan nilai yang mencapai KKM hanya 8 siswa atau 82%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6723 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |