Penelitian Tindakan Kelas, 2023, Peningkatan Keterampilan Membaca Cerita Melalui Metode Jigsaw pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Ponjanan Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan

Kholizeh, Kholizeh (2024) Penelitian Tindakan Kelas, 2023, Peningkatan Keterampilan Membaca Cerita Melalui Metode Jigsaw pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Ponjanan Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Kholizeh_18381052043_Sampul_PGMI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Abstrak_PGMI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Bab I_PGMI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Bab II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Bab III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Bab IV_PGMI.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Bab V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Daftar Rujukan_PGMI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Kholizeh_18381052043_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kata Kunci: Keterampilan, Membaca, Cerita, Metode Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa terhadap materi membaca cerita. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang cenderung pasif serta penggunaan media pembelajaran yang tidak dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menyebabkan siswa tidak mendapatkan kemampuan membaca secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penerapan teknik jigsaw terhadap keterampilan membaca cerita siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Ponjanan Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan, dan (2) untuk mengetahui hasil penerapan metode jigsaw terhadap keterampilan membaca cerita siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ponjanan Barat 1 Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2023/2024, dengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. KKM untuk mata pelajaran Tematik di kelas III SDN Ponjanan Barat 1 Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan adalah 70. Penerapan metode Jigsaw pada penelitian ini yaitu:1) Guru mempersiapkan media yang diperlukan,2) Guru menjelaskan rencana pembelajaran,3) Guru menjelaskan materi membaca cerita secara perlahan dan jelas,4) Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok, 5) Guru mengajak siswa membaca cerita bersama-sama dengan menggunakan audio visual, 6) Guru memberikan siswa lembar tes, 7) Guru menyuruh siswa untuk menjelaskan kedepan hasil bacaannya, 8) Guru memberikan hasil kesimpulan, 9) Guru mengajak siswa mengisi angket, 9) Evaluasi dan Penutup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan membaca cerita siswa dalam materi membaca cerita pada kelas III SDN Ponjanan Barat 1 Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari data ketuntasan aktivitas siswa, data ketuntasan hasil belajar siswa, persentase ketuntasan aktivitas siswa, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Hasil penelitian siklus I ternyata kemampuan membaca cerita siswa kelas III SDN Ponjanan Barat 1 Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan adalah 71,42 % rata-rata 13,23 Pada pelaksanaan siklus II hasil penelitian meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dalam kategori baik dari nilai yang didapatkan yaitu 95,23% dengan rata-rata 15,52 dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:22
Last Modified: 23 Aug 2024 08:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6733

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item