Mardhaqus, Muhibb (2024) Peran Guru Dalam mewujudkan Kecintaan Terhadap NKRI Pada Siswa Kelas 6 SDN Prenduan 3 Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_COVER_PGMI.pdf Download (132kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PGMI.pdf Download (211kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (314kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_ABTSRAK_PGMI.pdf Download (67kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (59kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_BAB I_PGMI.pdf Download (99kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_BAB IV_PGMI.pdf Download (124kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (84kB) |
|
Text
MUHIBB MARDHAQUS_19381051045_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA_PGMI.pdf Download (81kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran guru, Cinta NKRI Setiap warga Negara pada umumnya memiliki wawasan kebangsaan, demikian juga dengan Bangsa Indonesia tentunya memiliki wawasan kebangsaannya sendiri. Peranan sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah mengembangkan potensi manusiawi yang dimiliki peserta didik agar mampu menjalankan tugas, peran, fungsi, tujuan hidup dan kehidupan sebagai manusia, baik manusia sebagai individual maupun sebagai anggota masyarakat, Bangsa dan Negara. Peran guru tak kalah penting dalam mewujudkan kecintaan terhadap tanah air, hal tersebut dikarenakan guru tidak hanya memiliki kewajiban dalam menyampaikan materi secara lisan saja, namun memiliki berbagai peran seperti seorang administrator, motivator, inovator dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada dua fokus masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, Bagaimana rasa kecintaan terhadap tanah air pada siswa kelas 6 di SDN Prenduan 3 Kabupaten Sumenep. Kedua, Bagaimana peran guru dalam mewujudkan kecintaan terhadap NKRI pada siswa kelas 6 SDN Prenduan 3 Kabupaten Sumenep Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelas 6 dan siswa kelas 6. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Rasa cinta tanah air pada siswa kelas 6 SDN Prenduan 3 terlihat dari sikap yang tercermin pada siswa baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Di antaranya, siswa mengikuti upacara bendera, siswa terbiasa bersalaman dengan guru, saling tolong menolong, saling menghargai, saling peduli. Kedua, peran guru dalam mewujudkan kecintaan terhadap NKRI pada siswa kelas 6 SDN Prenduan 3 yaitu diantaranya guru sebagai administrator, pembentuk karakter, serta fasilitator. Berbagai peran guru tersebut memiliki cara-cara yang guru miliki guna mewujudkan rasa cinta tanah air pada siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:16 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |