Arofiy, Niswatul (2023) Pengelolaan Tata Ruang Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MA An-Najah I Karduluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_COVER_MPI.pdf Download (97kB) |
|
Text
Manajemen Pendidikan Islam - 19381042096 - Niswatul Arofiy.pdf Download (129kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_HALAMAN_PENGESAHAN_MPI.pdf Download (232kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_ABSTRAK_MPI.pdf Download (86kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_BAB I_MPI.pdf Download (198kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_BAB II_MPII.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_BAB IV_MPI.pdf Download (222kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_BAB V _MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
NISWATUL AROFIY_NIM_19381042096_KEASLIAN_TULISAN_MPI.pdf Download (220kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengelolaan, Kelas, Minat Belajar Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang temui di MA An-Najah I Karduluk terkait Pengelolaan tata ruang kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun penelitian yang diangkat dalam penelitian ini: Pertama, Pengeloaan tata ruang kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA An-Najah I Karduluk Sumenep, Kedua, Fasilitas disekolah yang ditujukan untuk dapat menumbuhkan minat belajar siswa di MA An-Najah I Karduluk Sumenep ? Ketiga, faktor pendukung dalam proses pengelolaan tata ruang kelas di MA An-Najah I Karduluk Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menjadikan waka keuangan dan sarana, waka kurikulum dan guru sebagai informasi dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian kondensasi data, penyesuaian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pralapangan, penelitian, dan pelaporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk pengelolaan di MA An-Najah I Karduluk setiap guru dan wali kelas menggunakan metode yang berbeda, ada yang menggunakan model klasikal, model U, dan model pembelajaran secara kelompok Kedua, fasilitas yang disediakan pihak sekolah seperti lab komputer, proyektor, tempat ibadah, alat-alat peraga, perpustakaan dll. tujuannya yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan motivasi belajar dan juga mempermudah bagi tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar. fasilitas sekolah sebagai media pembelajaran memang besar pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar di MA An-Najah I Karduluk, Keetiga, Faktor pendukung ,siswa dan siswi yang notabeninya kebanyakan berada dipondok pesantren dapat membantu meminimalisir pengaruh yang kurang baik dari lingkungan luar pondok, karna siswa sepulang sekolah mereka tidak langsung bergaul dilingkungan orang-orang yang kurang baik. Kemudian Faktor penghambat yakni ketika berkaitan dengan masalah keuangan karena rata rata siswa disini banyak yang dari kalangan menengah kebawah, ini membuktikan mereka selalu terkendala di pendanaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6748 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |