KHOIRUNNISA’, PUTRI (2024) Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kejenuhan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SDN Samiran II,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Sampul_PGMI.pdf Download (265kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (246kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (299kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Abstrak_PGMI.pdf Download (249kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (149kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Bab I_PGMI.pdf Download (375kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Bab II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Bab III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Bab IV_PGMI.pdf Download (468kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Bab V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (271kB) |
|
Text
Putri Khoirunnisa'_20381052101_Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf Download (122kB) |
Abstract
Kata kuci: Strategi Guru Kelas, Kejenuhan Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya peristiwa yang menggambarkan bahwa kejenuhan pada saat KBM berlangsung di mata pelajaran pendidikan pancasila yang disampaikan guru kelas V di SDN Samiran II sehingga membuat Peserta Didik tidak fokus menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan permasalahan kejenuhan peserta didik sebagai permasalahan penting yang harus diselesaikan. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: pertama, bagaimana strategi guru kelas dalam mengatasi kejenuhan peserta didik ?, kedua, faktor apa saja yang menjadi kendala dalam mengatasi kejenuhan peserta didik ?, ketiga, faktor apa saja yang menjadi pendukung dalam mengatasi kejenuhan peserta didik ?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi dilapangan selama penelitian berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara semiterstruktur, observasi terus terang atau tersamar, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah guru kelas dan Peserta Didik siswi kelas V SDN Samiran II Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan keikut sertaan dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menghadapi kejenuhan peserta didik kelas V SDN samiran II masih kurang bervariasi dan beragam sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh dengan apa yang di sampaikan oleh guru kelas. Akan tetapi berkat upaya yang di lakukan seperti memberikan variasai baru pada saat KBM berlangsung pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V seperti metode bercerita, humoris, dan out door yang bermanfaat untuk mengembangkan semangat belajar peserta didik dan tidak merasa jenuh pada saat KBM berlangsung, kemudian ada kebijakan sekolah yang berorientasi terhadap strategi guru kelas dalam mengatasi kejenuhan belajar sehingga terdapat perkembangan belajar terhadap peserta didik. Faktor kendala dalam strategi guru kelas dalam mengatasi kejenuhan peserta didik kelas V SDN Samiran II ada dua faktor yaitu internal yang meliputi kepribadian dan bawaan pada diri peserta didik dengan perbedaan IQ yang berbeda-beda pada peserta didik. Kemudian faktor eksternalnya kurangnya interaksi guru dengan peserta didik guru berkendala dalam mengatasi perbedaan keinginan variasi metode pembelajaran terhadap peserta didik. Selain faktor kendala ada juga faktor pendukung strategi guru kelas dalam mengatasi kejenuhan peserta didik kelas V SDN Samiran II yaitu, di dukung dari bebebrapa metode yang sudah di terapkan oleh guru kelas seperti metode bercerita, humoris, dan out door. Sehingga membuat peserta didik lebih mudah dalam meneria pembelajaran pada saat KBM berlangsung pada mata pelajaran pendidian pancasila kelaV SDN Samiran II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6750 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |