Hanifi, Moh Fahrizal (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381041093_SAMPUL.pdf Download (99kB) |
|
Text
18381041093_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
18381041093_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (417kB) |
|
Text
18381041093_ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
1831041093_DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
|
Text
18381041093_BABI.pdf Download (229kB) |
|
Text
18381041093_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
18381041093_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
18381041093_BAB IV.pdf Download (632kB) |
|
Text
18381041093_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
18381041093_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
18381041093_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (502kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kendala dan Hasil Peningkatan Kompetensi Pedagogik Penenlitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik guru, kendala dalam peningkatan dan juga hasil yang diperoleh guru setelah mengikuti pelatihan kompetensi guru. Peranan kepala madrasah di lembaga pendidikan itu sangat penting karena bukan hanya menjadi seorang pemimpin yang bisa memimpin dan mengatur tapi kepala madrasah juga menjadi orang yang bisa memberikan motivasi serta dorongan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar didalam kelas. Dalam proses peningkatan kompetensi pedagogik guru, pasti ada faktor masalah yang menghambat proses peningkatan kompetensi, sehingga jalannya kegiatan tersebut tidak efektif. Tujuan peningkatan kompetensi pedagogik guru itu bertujuan agar guru tersebut memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan juga mampu memahami karakteristik murid didalam kelas. Penelitian ini menggunkan Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Informannya adalah: Kepala Madrasah MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan, WAKA Kurikulum, WAKA Kesiswaan dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Kepala Madrasah di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan yaitu sebagai pemberi motivasi, yakni dengan cara mengadakan pelatihan di sekolah, dan juga mengikut sertakan guru untuk mengikuti workshop, dan MGMP antar sekolah maupun yang diadakan oleh pemerintah. Kedua kendala yang menjadi masalah dalam proses peningkatan kompetensi pedagogik guru di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan yakni kurangnya kesadaran guru untuk mengikuti pelatihan. Ketiga hasil yang diperoleh guru di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan setelah mengikuti kegiatan pelatihan yakni guru akan lebih paham bagaimana cara menggunakan metode belajar yang baik agar murid tidak jenuh. Guru-guru lebih mampu untuk memahami karakteristik murid, sehingga para guru itu bisa tahu apa yang menjadi keluhan dan kendala murid saat belajar didalam kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |