Kholisin, Abdul (2024) Integrasi Nilai Islam Wasathiyah dalam Pembelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam S1 IAIN Madura. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 Sampul i.pdf Download (72kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing.pdf Download (201kB) |
|
Text
3. Pengesahan Dewan Penguji.pdf Download (271kB) |
|
Text
4 Kata Pengantar iv-v.pdf Download (113kB) |
|
Text
10 Abstrak xii.pdf Download (100kB) |
|
Text
5 daftar Isi vi-vii.pdf Download (14kB) |
|
Text
6 daftar tabel viii.pdf Download (4kB) |
|
Text
7 Daftar Gambar ix.pdf Download (5kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (260kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (210kB) |
|
Text
8 Daftar Lampiran x.pdf Download (179kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (110kB) |
Abstract
Kata kunci: Integrasi, Islam Wasathiyah, Pembelajaran Prodi PAI Semenjak 2019, Kemenag gencar mengkampanyekan sikap moderat dalam beragama setelah adanya serangkaian gerakan yang ditengarai mengancam keutuhan bangsa. Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui lembaga pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab Kemenag. Karena menurut Azis dan Anam, terdapat tiga pintu masuk paham intoleran dalam lingkungan lembaga pendidikan, yaitu ekstra kurikuler, proses pembelajaran dan lemahnya pengawasan kebijakan dalam lembaga pendidikan. IAIN Madura sebagai Perguruan Tinggi Keislaman Negeri yang berada di bawah Kemenag turut serta melakukan berbagai langkah konkret, salah satunya dengan mengintegrasikan nilai Islam wasathiyah ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertumpu pada persoalan; pertama, bagaimana integrasi nilai Islam wasathiyah dalam pembelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam S1 IAIN Madura dan kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang melingkupi dalam prosesnya. Dalam rangka mengungkap fenomena tersebut untuk kemudian disajikan secara deskriptif, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data penelitian digali dengan menggunakan instrument wawancara, observasi dan dokumentasi yang dikumpulkan dari dosen rumpun mata kuliah umum Prodi PAI, Kaprodi PAI, mahasiswa, dokumen-dokumen pendukung yang berkaitan dengan penelitian ini serta kegiatan pembelajaran yang diamati secara langsung oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, bahwa integrasi nilai Islam wasathiyah dalam pembelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam S1 IAIN Madura bersifat koersif karena hal tersebut dilaksanakan sebaba adanya pengaruh dari penguasa, dalam hal ini Kemenag. Nilai Islam wasathiyah yang diintegrasikan dalam pembelajaran Prodi PAI meliputi tawāzun, tasāmuh, i’tidāl dan tawassuth. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan secara insersi dalam perencanaan pembelajaran Prodi PAI, yaitu, menganalisis kurikulum yang ada, mengidentifkasi peluang yang dapat dimanfaatkan, mengalokasikan satu pertemuan khusus, memunculkan nilai tersebut pada indikator pembelajaran dan dalam penggunaan metode musyawarah atau diskusi. Kedua, faktor pendukungnya adalah kebijakan pemerintah dan Prodi serta adanya relevansi dengan mata kuliah. Sedangkan penghambatnya adalah sulitnya mahasiswa memahami Islam wasathiyah dan sulitnya memunculkan secara tersirat nilai Islam wasathiyah dalam RPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6805 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |