Implementasi Penggunaan Media Visual Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan

Taufik, Mohammad (2020) Implementasi Penggunaan Media Visual Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.docx

Download (19kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7 BAB I- MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (287kB)
[img] Text
8 BAB II-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
9 BAB III-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
10 BAB IV-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (602kB)
[img] Text
11 BAB V-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (222kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (135kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN LAMPIRAN-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (460kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP-MOHAMMAD TAUFIK 20160701050063.pdf

Download (14kB)

Abstract

Kata kunci: Media Visual, Minat Belajar. Dalam kegiatan belajar-mengajar anak adalah sebagai subjek dan sebagai objek dari kegiatan pengajaran. Karena itu, inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar anak didik dalam mencapai suatu tujuan. Tujuan pengajaran tentu saja akan dapat tercapai jika anak didik berusaha secara aktif untuk belajar. Dari konteks implementasi penggunaan media visual ini merupakan implementasi yang baik terhadap penumbuhan minat belajar siswa saat ini. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Yaitu, Pertama, Bagaimana langkah-langkah penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota I Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi pada penerapan penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota I Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru, siswa SDN Barurambat Kota 1 pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, langkah- langkah yang digunakan pada penggunaan media pembelajaran visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan ialah, Membuat Rencana pembelajaran, menentukan media yang akan diguanakan, mempelajari bahan atau materi yang akan disampaikan, menyiapkan media yang akan digunakan, dan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai. Kedua, faktor yang menjadi pendukung dalam penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan yaitu, media visual dapat membantu keefektifitasan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, media visual juga dapat memperkuat ingatan siswa, penggunaan media visual dapat memberikan kesemangatan pada siswa dalam proses belajarnya, serta dari penggunaan media visual pada pembelajaran dapat menumbuhkan atau membangkitkan minat baru dari diri siswa, dan siswa bisa antusias pada pembelajaran. Namun disamping ada faktor pendukung pada penggunaannya ternyata masih ada faktor penghambat pada pegunaannya yaitu, tidak semua pembelajaran itu dapat menggunakan media visual, dikarenakan tidak semua lembaga dapat menyediakan media visual, serta masih sering membuat siswa itu kebingungan tentunya jika tidak dijelaskan sebelumnya, dan tidak bisa dijangkau dalam ruang besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:50
Last Modified: 04 Feb 2021 07:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/685

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item