Rahmah, Nafilatur (2020) Penanaman Nilai-Nilai Moral Islami Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Bercerita, Bermain, Menyanyi Dan Membiasakan Mengaji Sebelum Masuk Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 SAMPUL.pdf Download (179kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (329kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 KATA PENGANTAR.pdf Download (336kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 BAB IV.pdf Download (652kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
NAFILATUR RAHMAH 20160701050066 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (157kB) |
Abstract
Kata Kunci:Nilai–Nilai Moral Islami, Metode Bercerita,Bermain Dan Menyanyi Nilai-nilai moral islami ialah mengajarkan tentang kejujuran, tanggung jawab, dan ketidakmihakan mengandung kewajiban. Sedangkan metode bercerita adalah metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan anak. metode bermain adalah salah satu kesukaan mayoritas anak secara normal. metode menyanyi yaitu Menumbuhkan minat dan menguatkan daya tarik pembelajaran.Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitan sebagi berikut pertama, Bagaimana upaya guru untuk menanamkan nilai-nilai moral Islami Dalam Pembelajaran dengan menggunakan metode Bercerita, Bermain,Menyanyi Dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas Di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.Kedua, Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral islami Dalam Pembelajaran di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Ketiga Bagaimana keberhasilan metode Bercerita, Bermain,Menyanyi Dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas dengan Nilai-Nilai Moral Islami di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Dalam Penelitian Ini Pendekatan Yang Digunakan Oleh Peneliti Adalah Pendekatan Kualitatif Deskiptif. Adapun Prosedur Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi, Dan Dukomentasi, Sedangkan Yang Menjadi Sumber Data Yaitu Kepala Sekolah, Dan Guru MI Darul Ulum. Adapun Peneliti Menganalisis Data ; Reduksi Data ,Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Dan Peneliti Mengecek Keabsahan Data Dengan Cara Perpanjangan Pengamatan ;Ketekunan Peneliti; Triangulasi. Hasil penelitian, temuan dan pembahasan menunjukkan bahwa: pertama, penanaman nilai-nilai moral islami dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita,bermain,menyanyi dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas, serta dibiasakan berdo’a sebelum dan sesudah belajar. Kedua, kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral islami dalam pembelajaran yaitu guru menegur siswa, memberikan hukuman atau sangsi kepada siswa dengan cara menyediakan tempat duduk khusus yang berdekatan dengan bangku guru agar siswa tersebut tidak menganggu siswa lain. Ketiga, keberhasilan metode bercerita mengajarkan tentang banyak kebaikan sehingga anak bisa meniru sifat-sifat terpuji yang dimiliki oleh nabi dan rosul,bermain bisa tertanam dalam diri mereka sikap mandiri serta tanggung jawab terhadap apa yang dia lakukan, menyanyi anak mudah mengetahui terhadap pesan-pesan moral yang disampikan guru, sehingga apa yang disampaikan oleh guru tentang nilai-nilai moral islami mudah dikenal dan ditiru dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas yaitu dapat menanamakan nilai-nilai religius pada diri siswa seperti sikap saling mengahargai dan menghormati satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:48 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/687 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |