Rahmah, Afifatur (2024) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Adaptif Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa PGRI Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Cover_Bkpi.pdf Download (38kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Lembar_Persetujun_Pembimbing_Bkpi.pdf Download (148kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Lembar_Pengesahan_Bkpi.pdf Download (223kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Abstrak_Bkpi.pdf Download (16kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Daftar_Isi_Bkpi.pdf Download (9kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_BAB I_Bkpi.pdf Download (50kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_BAB II_Bkpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_BAB III_Bkpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_BAB IV_Bkpi.pdf Download (77kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_BAB V_Bkpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Daftar_Rujukan_Bkpi.pdf Download (24kB) |
|
Text
Afifatur Rahmah_20381092047_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Bkpi.pdf Download (165kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Perilaku Adaptif, Anak Tunagrahita Anak tunagrahita memiliki keterbatasan fungsi kognitif dan kecerdasan sosial sehingga menyebabkan anak tidak dapat mandiri dalam perilaku adaptifnya. Selain itu anak tunagrahita selalu membutuhkan pendampingan, pengawasan dan perhatian lebih dalam melakukan kegiatan membuat anak belum bisa mandiri dalam hal sehari-harinya. Maka dari itu sangat dibutuhkan strategi pengembangan perilaku adaptif untuk menunjang perilaku mandiri anak tunagrahita tersebut. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi guru dalam mengembangkan perilaku adaptif anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa PGRI Tlanakan Pamekasan; kedua, apa saja hambatan guru dalam mengembangkan perilaku adaptif anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa PGRI Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis field research. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan trianggulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi guru dalam mengembangkan perilaku adaptif anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa PGRI Tlanakan Pamekasan, ialah melalui program pengembangan diri (PDP), dan program pembelajaran lansung. Materi program pengembangan perilaku adaptif yang diajarkan mengenai cara merawat diri seperti makan, minum, mandi, menggsosok gigi, mencuci dan mejaga kebersihan diri lainnya. Mengurus diri seperti berpakaian dan berhias. Membiasakan berprilaku dan bersikap baik, menanamkan nilai moral, sopan dan santun. Metode yang disampaikan metode demostasi, drill, pembiasaan, dan ceramah; kedua, hambatan guru dalam mengembangkan perilaku adaptif anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa PGRI Tlanakan Pamekasan, ialah keterbatasan intelektual dan karakter kepribadian anak tunagrahita, keterbatasan jumlah guru dan pengajar, serta kurangnya penyuluhan pihak sekolah kepada orang tua siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 08:17 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6873 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |