Integrasi Pendidikan Umum Dan Pesantren Dalam Mencetak Generasi Mundzirul Qoum Di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen Sumenep

Susyanti, Leni (2024) Integrasi Pendidikan Umum Dan Pesantren Dalam Mencetak Generasi Mundzirul Qoum Di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Halaman Persetujuan.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Halaman Pengesahan.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Daftar Isi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_BAB IV.pdf

Download (745kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Leni Susyanti_20381012167_Keaslian Tulisan.pdf

Download (73kB)

Abstract

Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Umum, Pendidikan Pesantren, Mundzirul Qoum Pesantren sering kali dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Mereka beranggapan bahwa pendidikan pesantren tidak sama dengan pendidikan yang ada di sekolahsekolah luar lingkungan pesantren. Pesantren dipandang sebagai pendidikan yang ketinggalan zaman atau kuno. Integrasi pendidikan umum dan pesantren merupakan upaya menggabungkan antara pendidikan umum dan pesantren demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan yang ditetapkan sebelumnya. Dengan mengintegrasikan hal tersebut, maka peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan agama saja, tetapi juga memperoleh pengetahuan umum, dan ilmu sosial yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,yaitu pertama, bagaimana pola pendidikan umum dan pesantren di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen Sumenep?, kedua, bagaimana konsep mundzirul qoum di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen Sumenep?, dan ketiga, bagaimana hasil integrasi pendidikan umum dan pesantren di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informasinya diperoleh dari Kepala Sekolah, WAKASEK Kurikulum, ustadzah, dan santri di SMP Tahfidz Putri Al-Amien Prenduen. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pola pendidikan umum yang ada di SMP Tahfidz Putri Al-Amien mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Diknas, sedangkan pendidikan pesantrennya berupa kajian keagamaan yang disampaikan oleh Kyai/Nyai yang dilengkapi dengan program atau kegiatan kepesantrenan. Kedua, konsep mundzirul qoum merupakan upaya mendidik santri dengan memberikan pembelajaranpembelaran yang bersifat umum maupun agama untuk membentuk karakter pemimpin dalam diri seorang santri. Ketiga, hasil dari integrasi pendidikan umum dan pesantren di SMP Tahfidz Putri Al-Amien meningkatkan kemampuan kognitif dan akademik, perubahan kebiasaan dan sikap, serta membentuk karakter pemimpin pada diri santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:41
Last Modified: 30 Sep 2024 05:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6928

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item